
: (Foto : fkb/ist)
Akibat Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Puluhan Penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai Dibatalkan
MANGUPURA, FORUMKEADILANBali.com – Dampak dari peristiwa erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur penerbangan dari dan ke Bandara Intrnasional I Gusti Ngurah Rai Bali dibatalkan, Rabu (18/6/2025)
PGS General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Wahyudi menyampaikan seluruh instansi komunitas bandara telah menjadikan peristiwa tersebut sebagai atensi bersama. Sejak menerima informasi bahwa Gunung Lewotobi kembali aktif, ia telah menyiagakan personil untuk berkoordinasi aktif dan melaksanakan aerodrome observation melalui paper test untuk melihat ada atau tidaknya sebaran abu vulkanik di wilayah bandara.
Wahyudi menjelaskan hingga Rabu (18/6) pukul 08.00 WITA hasil paper test negatif tidak ditemukan adanya abu vulkanik sehingga sampai saat ini operasional penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai berjalan normal.
Sementara itu, berdasarkan data yang kami terima hingga pukul 09.30 WITA, beberapa maskapai yang melayani penerbangan rute Singapura dan Australia memutuskan untuk membatalkan penerbangannya. Terdapat total 12 keberangkatan internasional dan 5 keberangkatan domestik berstatus dibatalkan karena aktivitas erupsi. 12 penerbangan tersebut terdiri atas 3 penerbangan dari Singapura, Melbourne (2), Brisbane (2), Adelaide (1), Sydney (1), Pudong (1), Auckland (1), Delhi (1). Sementara 5 keberangkatan domestik yang terdampak adalah 4 rute Labuan Bajo dan 1 rute dari Semarang.
Dia menuturkan kedatangan sampai saat ini terdapat 13 penerbangan internasional dan 2 penerbangan domestik dibatalkan keberangkatannya oleh maskapai. Ke 13 rute internasional tersebut adalah Melbourne 3 penerbangan, Brisbane (2), Singapura, Adelaide, Sydney, Perth, Darwin, Shanghai, Auckland, dan Delhi masing-masing satu penerbangan. Sementara ada dua penerbangan kedatangan dari Labuan Bajo yang terdampak.
Atas peristiwa alam yang berdampak pada beberapa jadwal penerbangan ini, lanjut Wahyudi, pihak maskapai memberikan pilihan kepada para penumpang untuk pengembalian dana (refund), penjadwalan ulang (reschedule), atau pengaturan rute ulang (re-route). ”Kami memperbarui perkembangan situasi ini berkoordinasi dengan pihak terkait dan berharap kondisi dapat segera normal kembali. Saat ini kami menyediakan area helpdesk untuk para penumpang berlokasi di lantai 2 terminal internasional. Sementara domestik tersedia di pusat pelayanan maskapai di area lobi keberangkatan domestic,’’ ucapnya.
Dia mengungkapkan Helpdesk berfungsi memfasilitasi penumpang yang ingin mencari informasi status penerbangannya serta juga sebagai area bagi penumpang melakukan proses pengembalian dana (refund), penjadwalan ulang (reschedule), atau pengaturan rute ulang (re-route) dengan maskapai. ”Bentuk perhatian kami kepada para penumpang telah berada di bandara, namun penerbangannya terdampak, kami menyediakan air mineral dan beberapa area di bandara dapat digunakan beristirahat atau meletakkan barang-barang,’’ katanya.
Wahyudi menambahkan, informasi lebih lanjut terkait penanganan penumpang terdampak dapat menghubungi Contact Center 172. ”Kami mengimbau kepada para penumpang memeriksa status penerbangan secara berkala kepada masing-masing maskapai untuk memperoleh informasi terkini. (fkb/pas)