Bandara Ngurah Rai Siap Antisipasi Peningkatan Jumlah Penumpang Libur Panjang Akhir Pekan Idul Adha

Bandara Ngurah Rai Siap Antisipasi Peningkatan Jumlah Penumpang Libur Panjang Akhir Pekan Idul Adha
OPTIMALKAN PELAYANAN - Manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan mengoptimalkan pelayanan jasa kebandarudaraan saat cuci hari raya Idul Adha pada 6 Juni 2025.
📷: (Foto : fkb/humas)

Bandara Ngurah Rai Siap Antisipasi Peningkatan Jumlah Penumpang Libur Panjang Akhir Pekan Idul Adha

MANGUPURA, FORUMKEADILANBali.com – Tambahan cuti bersama dari pemerintah saat hari raya Idul Adha jatuh pada 6 Juni 2025 kembali menjadi angin segar bagi masyarakat melakukan perjalanan dan berlibur. Hal tersebut diantisipasi manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan mengoptimalkan pelayanan jasa kebandarudaraan.

PGS General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Wahyudi menyatakan adanya momen akhir pekan panjang berdampak positif terhadap trafik penumpang. ’’Bulan Mei kemarin jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai tertinggi hingga saat ini, yakni 2.040.309. Salah satu pendorongnya karena di bulan tersebut terdapat dua long weekend, Waisak dan Kenaikan Isa Almasih,” ujarnya.

Wahyudi menyampaikan mengacu tren yang ada, ia perkirakan selama libur Idul Adha ini akan ada peningkatan. Berdasarkan penghitungan dan data histori, diperkirakan lebih dari 339.523 penumpang akan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai tanggal 5 hingga 9 Juni, atau rata-rata 67.905 pergerakan penumpang per hari. Melonjak 10 persen dibandingkan hari biasa. ”Kami telah menyiapkan beberapa langkah strategis untuk memastikan kelancaran opersional dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa bandara,” ujar Wahyudi sembari mengatakan pihaknya memprediksi puncak jumlah penumpang tertinggi akan terjadi Minggu (8/6) sebanyak 75.199 pergerakan penumpang.

Wahyudi menerangan langkah yang diterapkan antara lain peningkatan pengawasan pada titik-titik pelayanan atau touch point khususnya berpotensi menimbulkan antrian. Selain menjaga alur kendaraan maupun penumpang kedatangan dan keberangkatan di terminal domestikdan internasional agar berjalan optimal, efektif, dan efisien hingga melakukan koordinasi dengan airline maupun groundhandling. Memastikan ketepatan waktu jadwal penerbangan, serta memastikan ketersediaan dan kesiapan seluruh fasilitas operasional bandara.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Hadiri Upacara Ngenteg Linggih Br. Kedampal Abiansemal

Dia menjelaskan periode long weekend kenaikan Isa Almasih, yakni tanggal 29 Mei 2025 hingga 1 Juni 2025, Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat 277.703 penumpang datang dan berangkat, dengan angka tertinggi 75.150 pergerakan penumpang tanggal 1 Juni 2025. Rata-rata jumlah lalu lintas penumpang per hari mencapai 69.425 orang.

Lebih lanjut Wahyu mengemukakan sejalan dengan adanya peningkatan kepadatan penumpang saat long weekend, saat ini manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai sedang bersiap menhadapi musim libur sekolah dan libur musim panas. Bali sebentar lagi akan menemui peak season, yakni libur sekolah untuk wisawatan domestik dan libur musim panas yang akan dipadati oleh wisatawan mancanegara. ”Tahun lalu periode tersebut kami melayani rata-rata per hari 69 ribu hingga 73 ribu lebih. Kami sedang mengatur kesiapan operasional dan layanan dengan berkolaborasi bersama seluruh stakeholder terkait agar semua aspek pelayanan dapat terjaga dengan baik,” ungkap Wahyudi.

Masa musim puncak liburan ini, Wahyudi mengimbau kepada masyarakat memperhatikan waktu keberangkatannya menuju bandara, setidaknya 2-3 jam sebelum jadwal penerbangannya. ”Menghindari antrian panjang, kami ingin mengajak calon penumpang untuk memanfaatkan fasilitas check in online, pastikan barang bawaannya aman untuk dibawa ke dalam pesawat, dan dokumen perjalanannya telah disiapkan untuk mempermudah proses pemeriksaan saat di bandara agar proses perjalanan para penumpang selama di bandara dapat lebih lancar dan nyaman,” paparnya. (fkb/pas)

Shares: