Disdukcapil Denpasar Gelar Forum Konsultasi Publik Libatkan Seluruh Stakeholder

Disdukcapil Denpasar Gelar Forum Konsultasi Publik Libatkan Seluruh Stakeholder
📷: FORUM KONSULTASI – Kepl Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar Dewa Gde Juli Astabrata membuka Forum Konsultasi Publik di Graha Sewakadarma Kota Denpasar, Kamis (23/1/2025).

Disdukcapil Denpasar Gelar Forum Konsultasi Publik Libatkan Seluruh Stakeholder

FORUMKEADILANBali.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar salah satu penyelenggara pelayanan publik menggelar Forum Konsultasi Publik 2025 mengevaluasi dan menggali inovasi mendukung optimalisasi pelayanan kepada masyarakat dibuka Kadisdukcapil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata di Graha Sewakadarma Kota Denpasar, Kamis (23/1/2025).

Kegiatan tersebut dikemas secara hybrid melalui daring dan luring dihadiri Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar A.A Putu Gede Wibawa, Kabid Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Wayan Eka Wiyata, Kelompok Ahli Urusan Bidang Kependudukan serta Urusan Bidang Tenaga Kerja Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, S.E., M.Si., Kelompok Ahli Urusan Bidang Komunikasi, Informatika dan Hubungan Masyarakat serta Urusan Bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Publik Dr. Kadek Dwita Apriani, S.Sos., M.I.P., instansi terkait, Perbekel/Lurah hingga perwakilan masyarakat.

Kadisdukcapil Kota Denpasar Dewa Gde Juli Artabrata menjelaskan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini dilaksanakan menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik Di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Setiap instansi melaksanakan kegiatan pelayanan publik wajib melaksanakan Forum Konsultasi Publik.

Dewa Juli mengatakan secara umum penyelenggraan Forum Konsultasi Publik untuk memperoleh pemahaman hingga solusi antara penyelengara pelayanan dan masyarakat. Selain itu,  kegiatan ini menjadi peninjauan terhadap standar pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar. ”Kami berharap Forum Konsultasi Publik ini masukan dan saran dari seluruh stakeholder terkait, terutama masyarakat. Sehingga kedepan Disdukcapil Kota Dnpasar dapat terus berbenah dan tentunya senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Komitmen Kendalikan Inflasi, Pemkot Denpasar Gelar Pasar Rakyat Festival Serangan

Sementara Sekretaris Disdukcapil Kota Denpasar Ni Luh Lely Sriadi dalam paparanya menyampaikan Disdukcapil Kota Denpasar terus berinovasi dikemas dengan berbagai program dan pengembangan inovasi. Mulai dari Inovasi Taring Dukcapil, SIAK Desa/Kelurahan, JB Pelangi, Si Candra hingga Sewaka Santi untuk pengurusan reward bagi masyarakat yang taat mengurus akta kematian.

Selain inovasi, kata dia, Disdukcapil Kota Denpasar telah meletakkan 6 mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) tersebar di Kantor Kelurahan Dauh Puri, Kelurahan Panjer, Kelurahan Peguyangan, Kelurahan Dangin Puri, Kelurahan Seseran dan Kelurahan Sumerta. Sedangkan di Kantor Desa Tegal Harum merupakan pengadaan Mesin ADM menggunakan dana Desa Tegal Harum. ”Kami akan terus berinovasi mendukung optimalisasi pelayanan publik bagi masyarakat. Di Tahun 2025 ini Layanan Taring Dukcapil sudah dilengkapi dengan Sewaka Santi untuk mengurus reward santunan kematian secara online,” jelasnya. (pas)

Shares: