
Diterima Pj. Sekda Badung, Pj. Gubernur Bali Apresiasi Layanan PBG MBR di MPP Badung
FORUMKEADILANBali.com – Pj. Gubernur Bali S.M Mahendra Jaya mengapresiasi alur pelayanan di MPP Badung, terutama gebyar pelayanan gratis, Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mendukung program pemerintah pusat pembangunan 3 juta rumah.
Hal itu disampaikan Pj. Gubernur Mahendra Jaya saat diterima Pj. Sekda Badung I.B Surya Suamba didampingi Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Badung I Made Agus Aryawan dalam kunjungan kerja di Mal Pelayanan Publik (MPP) Badung, Puspem Badung, Selasa (21/1/2025).
Kunjungan Pj. Gubernur Mahendr Jaya didampingi Kadis PUPR dan Kadis PTSP Provinsi Bali ingin melihat dari dekat alur pelayanan di MPP Badung. Terutama gebyar pelayanan gratis, Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam upaya mendukung program pemerintah pusat pembangunan 3 juta rumah.
Pj. Gubernur Mahendara Jaya bersama rombongan melihat satu per satu loket layanan, dan terakhir melihat proses layanan gebyar PBG MBR gratis. Meskipun dengan sistem baru, layanan persetujuan PBG dapat diselesaikan dengan waktu singkat. Pj. Gubernur dan Pj. Sekda Badung menyerahkan terbitan surat persetujuan PBG kepada masyarakat sebagai pemohon pertama di MPP Badung.
Pj. Gubernur Mahendra Jaya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi MPP Kabupaten Badung telah mampu memberikan pelayanan baik dan cepat. MPP Badung luar biasa, mulai dari suasananya, petugas hingga layanan diberikan, semuanya luar biasa. ”Kami mengapresiasi MPP Badung,” katanya.
Pj. Gubernur Mahendra Jaya menyambut baik gebyar layanan PBG MBR gratis di MPP Badung sudah berjalan dengan baik. Luar biasa, dalam waktu 16 menit persetujuan PBG sudah dapat diterbitkan. ”Kami berharap layanan sudah baik saat ini dapat ditingkatkan, serta mampu menciptakan inovasi baru, sehingga pelayanannya lebih cepat, tepat dan efisien,’’ harapnya.
Sementara Pj. Sekda Surya Suamba menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pj. Gubernur Bali ke MPP Badung. Termasuk dukungan yang diberikan sehingga sistem baru layanan PBG MBR dalam pelaksanaan program nasional pembangunan 3 juta rumah di MPP Badung dapat berjalan dengan baik.
Sementara Kepala DPMPTSP Badung Agus Aryawan saat menyambut kedatangan Pj. Gubernur Bali memberikan penjelasan secara detail alur proses pelayanan di MPP Badung. Dijelaskan, masyarakat pemohon datang ke MPP, pertama akan diarahkan ke dask antrian digital. Setelah mendapatkan nomor antrian lalu ke helpdesk, kemudian ke loket pelayanan yang dituju. ”Semua instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik sudah ada di MPP Badung. Ada layanan One Single Submission, Risk Based Approach (OSS RBA), serta ruang apresiasi/kritik/saran,” jelasnya. (pas)