Libur Panjang Akhir Pekan Dorong Trafik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumlah Penumpang Tertinggi Mei 2025

Libur Panjang Akhir Pekan Dorong Trafik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumlah Penumpang Tertinggi Mei 2025
PENUMPANG TERTINGGI - PT Angkasa Pura Indonesia mencatatkan jumlah penumpang Mei tertinggi sepanjang 2025, yakni 2.040.309 orang pada libur panjang akhir pecan (long weekend).
📷: (Foto : fkb/ist)

Libur Panjang Akhir Pekan Dorong Trafik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumlah Penumpang Tertinggi Mei 2025

MANGUPURA, FORUMKEADILANBali.com – Gempuran libur panjang akhir pekan (long weekend) pada Mei lalu menjadi faktor pendorong peningkatan trafik penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai. PT Angkasa Pura Indonesia mencatatkan jumlah penumpang Mei tertinggi sepanjang 2025, yakni 2.040.309 orang.

Dari angka tersebut, 64 persen atau 1.312.433 orang merupakan penumpang rute internasional terdiri atas 642.328 penumpang datang dan 670.105 penumpang berangkat. Dibandingkan 5 bulan berjalan atau sejak Januari hingga Mei, jumlah penumpang internasional pada Mei tertinggi. Penumpang penerbangan domestik tercatat sebanyak 727.876 orang. Didominasi penumpang yang datang, yakni 366.464 orang dan sisanya 361.412 penumpang berangkat meninggalkan Bali.

Dilihat berdasarkan rute periode Mei, Singapura menempati posisi teratas sebagai rute internasional dengan jumlah penumpang terbanyak 254.807 orang dengan 1.083 pergerakan pesawat. Disusul Kuala Lumpur 157.278 penumpang dengan jumlah penerbangan 851 pergerakan, dan pergerakan penumpang tertinggi ketiga tujuan Melbourne 98.154 orang diangkut melalui 507 penerbangan.

Rute domestik masih didominasi tujuan Cengkareng sebanyak 344.789 orang, dengan 2.284 pergerakan pesawat. Posisi kedua ditempati Surabaya 114.539 penumpang dan 787 pergerakan pesawat, serta Labuan Bajo di urutan ketiga 52.300 penumpang dari 401 pergerakan pesawat.

PGS. General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Wahyudi, Sabtu (14/6/205) menyampaikan peningkatan penumpang sudah terjadi sejak April. “Bulan April lalu tren pergerakan penumpang sudah menujukkan peningkatan dan bulan ini kembali naik. Trafik penumpang tertinggi terjadi di masa libur panjang tanggal 9 Mei. Begitu juga libur Waisak sebanyak 72 ribu lebih pergerakan penumpang dan pada 9 Juni saat cuti bersama Idul Adha 72.875 penumpang. Jika dihitung rata-rata, selama Mei dalam sehari kami melayani lebih dari 65 ribu penumpang. Naik 7 persen dibandingkan dengan rata-rata harian pada waktu normal, kisaran 61 ribu penumpang,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Satria Hadiri Munas VI dan HUT Ke-25 APKASI di Minahasa Utara

Wahyudi mengatakan secara keseluruhan sepanjang tahun 2025 Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 9.276.995 penumpang, dengan komposisi 5.873.639 penumpang internasional dan 3.403.356 penumpang domestik, serta 56.835 pergerakan pesawat yang terdiri atas 31.563 penerbangan internasional dan 25.272 penerbangan rute-rute domestik. Jika dibandingkan kinerja operasional tahun 2024, pertumbuhan lalu lintas penumpang dan pesawat cenderung landai, yaitu 1 persen untuk peningkatan penumpang. Sedangkan pergerakan pesawat naik 0,4 persen. ”Kami proyeksikan akhir Juni ini hingga Agustus, Bali akan diramaikan wisatawan mengisi waktu libur sekolah maupun libur musim panas. Bulan Juni juga akan ada penambahan penerbangan baru. Jadi harapan kami trafik dapat terus tumbuh dengan pelayanan yang tetap optimal,” ujarnya.

Dia mengungkpkan, berdasarkan data perlintasan warga negara asing (WNA), periode Januari hingga Mei terdapat 2.728.492 kedatangan wisawatan mancanegara (wisman) dari 205 negara. Penumpang pemegang paspor Australia mendominasi hingga 23 persen sebanyak 629.359 orang. Posisi kedua diduduki wisman asal India sebanyak 240.908 orang dan Cina di urutan ketiga 227.953 orang. Peran Bandara I Gusti Ngurah Rai bukan hanya sebagai gerbang utama, tetapi memegang peran sentral bagi pariwisata Bali. ”Kami bersama seluruh stakeholder terkait akan terus mengedepankan pelayanan, baik dari segi kesiapan fasilitas operasional hingga SDM. Kami terus berupaya memperbarui layanan untuk meningkatkan pengalaman para pengguna jasa selama berada di bandara,” ucapnya. (fkb/pas)

Shares: