
: (Foto : fkb/humas)
Selama Libur Panjang Akhir Pekan, Jumlah Penumpung Bendara I Gusti Ngurah Rai 1,5 Persen di Atas Proyeksi
MANGUPURA, FORUMKEADILANBali.com – PT Angkasa Pura Indonesia Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat kinerja positif selama periode libur panjang akhir pekan hari raya Idul Adha 1446 H. Sepanjang periode 5-9 Juni 2025 jumlah penumpang dilayani 344.554 orang. Tingkat realisasi jumlah penumpang lebih tinggi 1,5 persen dari trafik yang telah diproyeksikan sebelumnya, yakni 339.523 penumpang.
Jumlah penumpang selama periode libur panjng akhir pekan Idul Adha tersebut terbagi atas 119.775 penumpang domestik dan 224.779 penumpang internasional. Komposisi penumpang yang datang tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang berangkat, yakni 61.672 orang datang dari penerbangan domestik dan 114.322 dari rute penerbangan internasional. Sehingga total penumpang datang 175.994 orang atau 51 persen dari keseluruhan penumpang. Jumlah kedatangan penumpang tertinggi terjadi pada Jumat (6/6) sebanyak 38.922 penumpang, domestik dan internasional.
Berdasarkan lalu lintas penumpang berangkat, angka tertinggi terjadi Senin (9/6) menandakan arus balik 37.883 penumpang. Dalam rentang 5 hari, pergerakan penumpang tertinggi terjadi di hari yang sama, total jumlah penumpang 72.875 orang, baik penumpang domestik maupun internasional.
PGS. General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Wahyudi mengatakan libur panjang atau long weekend saat akhir pekan memberikan kontribusi terhadap peningkatan jumlah penumpang di bandara. “Kami melihat selama beberapa kali long weekend memberikan dampak positif terhadap penambahan trafik penumpang. Jika dibandingkan periode yang sama tahun 2024 melayani 321.596 penumpang, trafik selama rentang 5-9 Juni 2025, kami melayani lebih dari 344 ribu orang, maka ada peningkatan 7 persen. Demikian juga trafik pesawat. Tahun lalu terdapat 1.860 pergerakan, dan tahun ini mencapai 2.020 pergerakan pesawat, lebih tinggi 8 persen,” jelas Wahyudi.
Menurutnya, pertumbuhan pergerakan penumpang dan penerbangan kali ini akan dijadikan sebagai bahan evaluasi bersama. Mengingat akan memasuki musim libur sekolah potensi peningkatan wisatawan ke Bali akan lebih tinggi lagi. ”Kami bersyukur walau volume penumpang dan pesawat mengalami peningkatan. Tetapi secara keseluruhan operasional bandara terkelola dengan baik dan lancar. Kedepan kami akan terus mengoptimalkan perencanaan serta pengelolaan layanan jasa kebandarudaraan untuk memastikan terpenuhinya standar pelayanan kepada seluruh pengguna jasa bandara,” ujarnya. (fkb/pas)