
Supermodel Of The Year Australia 2023 Terbuka Untuk Peserta Dari Indonesia
FORUM Keadilan Bali – Australian Supermodel of The Year (ASOTY) adalah program pembelajaran dan kompetisi modelling bergaya kontes kecantikan tahunan berbasis di Melbourne, Australia berkomitmen pada True Inclusiveness.
Kontes ini percaya pada inklusivitas yang mewakili orang-orang dari semua warna kulit, orang dari semua ukuran, orang dari semua agama dan orang dengan pandangan berbeda bahkan bertentangan. Bertujuan menciptakan komunitas yang memahami, menghormati, dan memberikan kesempatan yang bebas dan adil bagi semua orang. Kompetisi ini membantu calon model muda untuk belajar tentang aspek kreatif, periklanan, pemasaran & segi komersial dari industri mode dan modelling melalui sesi pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan oleh pakar industri dan figur publik. Pendekatan secara holistik yang mencakup topic penting seperti komunikasi, manajemen waktu, disiplin keuangan, penguasaan media sosial, kepositifan tubuh, cinta diri, kesehatan & diet, ketahanan, meditasi, perhatian, gaya, make-up, kolaborasi dan fotografi & keterampilan berjalan di peragaan busana. Hal ini juga dibahas secara luas selama lokakarya dan sesi mentoring selama kompetisi berlangsung.
ASOTY percaya bahwa dunia modelling pada akhirnya akan berkembang melalui peran seorang model menjadi aktivisme etis. Perempuan akan berada di garis depan tatanan dunia baru yang memikul tanggung jawab untuk memperbaiki masalah lingkungan, sosial, politik dan ekonomi yang dihadapi dunia saat ini. Model saat ini tidak lebih ”hanya wajah
cantik dan tubuh seksi”. Faktanya, mereka tidak pernah ada. Wanita selalu menjadi gender lebih baik, lebih bijaksana dan lebih berani. Kebaikan, kasih sayang, dan kesabaran merekalah yang membuat mereka memainkan peran penting bagi manusia sepanjang sejarah.
Bergabung di ASOTY 2023, With Our Without A Crown, You Are Always A Queen (dengan atau tanpa Mahkota, anda selalu menjadi Ratu), seperti tertuang dalam tagline kompetisi tahun ini.
Kompetisi kembali dalam format hybrid, sebagian digital dan sebagian secara langsung, dengan grand final dijadwalkan di Bali, Februari 2023. Program 2022 adalah pengalaman digital yang lengkap karena pandemi dan pembatasan perjalanan. Kompetisi saat grand final mencakup runway skala internasional, semua finalis memamerkan koleksi dari desainer Australia dan Indonesia terkemuka. Pendaftaran peserta dari Indonesia akan dibuka sampai tanggal 21 September 2022.

Tahun ini, ASOTY mengajak perempuan Indonesia mengikuti kompetisi terbagi dalam 4 kategori utama yakni runway/catwalk, redaksi/fashion, komersial/periklanan, sosial/influencer.
Sementara sub-kategori aktivis (wajib dipilih), curve (proporsi tubuh), kebugaran, kebersahajaan, ukuran tubuh mungil. Pelamar wajib memilih salah satu kategori utama untuk dipertandingkan. Pelamar juga dapat memilih sub-kategori yang lebih mewakili mereka dan membantu mengekspresikan diri, berbicara atas nama mereka, dan berjejaring dengan orang-orang yang berpikiran sama.
Aktivis adalah sub-kategori wajib yang didaftarkan pelamar untuk program 2023 kecuali mereka memilih salah satu dari sub-kategori spesifik. ASOTY mencari model bersemangat tentang sesuatu hal positif yang mereka percaya, membela sesuatu dan berbicara untuk apa yang mereka yakini.
Kategori Runway, juga dikenal sebagai catwalk, diperuntukkan bagi peserta yang suka berjalan di atas panggung peragaan busana yang menampilkan kreasi desainer kepada penonton. Namun, setiap finalis terlepas dari kategorinya, akan dilatih tampil di runway dan berjalan di peragaan busana internasional selama acara grand final ASOTY.
Kategori editorial terbuka bagi mereka yang senang tampil di depan kamera. Mereka memilih untuk menjelajahi seni mode dan mengekspresikan diri melalui cerita yang diceritakan fotografer dan perancang busana. Jenama, perancang mode, publikasi, dan pencipta selalu mencari wajah segar dan unik.

Berpose dan mempromosikan produk dalam kampanye pemasaran. Pada dasarnya itulah yang dimaksud dengan modelling komersial dan sifatnya lebih beragam.
Semua orang ingin menjadi influencer hari ini. Jelajahi kemungkinan untuk memengaruhi komunitas menuju dunia lebih baik di bawah kategori sosial. Beberapa kategori mungkin memiliki persyaratan khusus seperti batas usia, dan tinggi minimum. Sebagian besar kategori, bagaimanapun terbuka untuk semua. Pelamar dapat memilih kategori yang tepat sesuai dengan minat, bakat dan hal terbaik yang mereka miliki.
Pelamar dapat mengubah kategori bahkan setelah melanjutkan ke tahap peserta. Tahap entrant adalah tingkat setelah pelamar berhasil dalam audisi.
Audisi dibagi menjadi dua bagian. Pelamar akan diminta mengirimkan video dan menjawab beberapa pertanyaan setelah aplikasi mereka disetujui. Pertanyaan ditujukan untuk mengetahui lebih banyak tentang pelamar sebagai pribadi, memahami bakat dan cita-cita mereka. Memastikan mereka selaras dengan visi ASOTY tentang dunia pemodelan yang bertanggung jawab, bermakna dan memiliki tujuan.
Pelamar akan memiliki waktu dua minggu mengirimkan video ini setelah menerima serangkaian pertanyaan. Pelamar juga diminta menyertakan video pendek menampilkan kemampuan mereka berjalan di runway.
Audisi bagian kedua melalui panggilan zoom kemudian akan dijadwalkan dengan kandidat yang berhasil pada audisi bagian pertama, kemudian akan dijadwalkan.
Grand final terdiri dari lima putaran termasuk koleksi Denim yang dirancang ASOTY Vision Director & Fashion Director, Kal Kalim, koleksi pakaian renang & pakaian resor. Koleksi pakaian olahraga, koleksi dari desainer Australia dan Indonesia.

Pada tahun 2023, ASOTY akan menjadi kontes kecantikan pertama dan satu-satunya yang menampilkan babak fashion berkelanjutan selama grand final. Semua finalis akan diminta untuk membawa dua pakaian yang sehubungan dengan keberlanjutan.
Pakaian yang didaur ulang, digunakan kembali, atau digunakan kembali. Ini bisa dari lemari pakaian yang ada, sesuatu yang diturunkan dari ibu atau nenek, atau dari took barang bekas
Pakaian dari desainer lokal atau start-up di kota atau negara asal kandidat. Ini adalah bagian dari inisiatif ASOTY mendukung bisnis local.
”Keberlanjutan, persaudaraan dan mendukung bisnis lokal adalah fokus besar di ASOTY selama dua tahun terakhir. Grand final tahun ini lebih banyak tentang kerja sosial, networking, pertukaran budaya dan malam final runway yang merupakan puncak dari keseluruhan program,” kata Kal Kalim, Vision Director & Fashion Director ASOTY.
Dia menjelaskan, ASOTY terus berkembang seiring merespons kebutuhan dan tantangan dunia baru. ”Kami mencari gadis-gadis yang percaya pada sesuatu yang baik untuk planet dan umat manusia, gadis-gadis yang membela keyakinan mereka dan berbicara tentang apa yang mereka yakini. ASOTY mungkin adalah kompetisi model pertama yang menyertakan gadis-gadis dari semua ukuran, bentuk dan warna kulit, jauh sebelum keragaman dan inklusi menjadi kata kunci di industri ini. Lebih jauh, kami mengeksplorasi keragaman dalam pemikiran, keyakinan, budaya, dan tujuan,” ucapnya.

Mereka yang bertanggung jawab dan memiliki tujuan mencari aktivis dan model untuk mewakili mereka. Itu yang menjadi fokus ASOTY untuk disampaikan. Ini adalah inisiatif yang telah diambil selama perjalanan kontes menuju dunia lebih aman dan lebih baik, dan ASOTY ingin mendukung jenama yang berkelanjutan dengan mengidentifikasi, membimbing, dan mengelola talenta yang tepat. Manajemen talenta ASOTY saat ini menawarkan layanannya di Australia dan India, dan Indonesia akan menjadi fokus besar tahun ini.
”Supermodel Australia tahun Ini bukan tentang menemukan ”supermodel”. Ini membantu setiap gadis di luar menemukan Supermodel dalam dirinya,” tambah Kal seraya menuturkan ada sosok dan kepribadian seorang supermodel dalam diri kita masing-masing.
Informasi lebih lanjut tersedia di www.supermodeloftheyear.com
Untuk mendaftar, silakan klik di sini.
Australian Super Model of the Year adalah program, pembelajaran, dan pendampingan berfokus pada mode untuk mendidik dan mewakili model, kreatif, pemberi pengaruh dari beragam keyakinan, budaya, etnis, minat, bentuk, dan ukuran. Australia mewakili keragaman ini secara alami dengan orang-orang dari seluruh dunia yang tinggal di sini dan menyebutnya sebagai rumah. Mulai musim ini, ASOTY akan memperluas platform inklusif ini ke model dari negara dan budaya lain. Itu ide di balik pembukaan program secara bertahap untuk talenta dari negara lain termasuk Indonesia dan Rusia tahun ini. Tujuan di ASOTY bukanlah untuk mengidentifikasi satu gadis paling cantik, tetapi mendidik dan mengomunikasikan bahwa semua orang cantik.