Tingkatkan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

Tingkatkan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

Tingkatkan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

FORUM Keadilan Bali –  Meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehata Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Kedua inovasi tersebut dirancang memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan sejak diluncurkan tahun 2014, program JKN diselenggarakan BPJS Kesehatan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Seiring bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan. ”Salah satuwujud nyata dari transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugasakan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),” jelas Ghufron saat peluncuran yang terpusat di RSUP Dr. Sardjito, Jumat (29/9).

Ghufron menjelaskan, petugas rumah sakit dapat bekerja sama dengan petugas BPJS Satu! atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Hal ini dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan terbaik. Waktu pelayanan di loket disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit. ”Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai anadanya signage (papanpe tunjuk). Lokasi loket pelayanan informasi ini diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area adminis trasi pelayanan JKN,” kata Ghufron.

Baca Juga :  Walikota Jaya Negara Hadiri Karya Malaspas Pura Bale Agung, Desa Adat Kesiman

Selain itu, kata Ghufron, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (Poros) ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung disediakan BPJS Kesehatan memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

Poros terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (Kessan), SIPP, antrean, dan web skrinning dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan lebih mudah dan cepat. “Poros BPJS Kesehatan dapat diakses peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan,” tambah Ghufron.

Dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (Poros) ini, Ghufron berharap, bisaber dampak terhadap peningkatan signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta. Ia meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positi fterhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Ditemui di tempat terpisah pada launching loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan di RSUD Bali Mandara Bali, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Kadek Iwan Darmawan, MPH., menyampaikan jika sebagian besar pelayanan kesehatan rumah sakit di Bali sudah paripurna. ”Terima kasih atas berbagai inovasi dari BPJS Kesehatan mempermudah peserta JKN khususnya pada launching hari ini melalui inovasi pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Poros,” jelas Iwan.

Sejalan dengan Iwan, Plt. Direktur RSUD Bali Mandara dr. Ketut Suarjaya mengaku, melalui inovasi ini akan semakin meningkatkan komitmennya melayani peserta JKN. ”Kami bersyukur masih diberi kesempatan mengabdi kepada masyarakat melalui program JKN sehingga seluruh masyarakat dapat terlayani dengan baik,” ujar Suarjaya.

Baca Juga :  Deputi SDM TI Kementerian BUMN RI Kunjungi Graha Nawasena

Sementara Ketua PERSI Wilayah Bali dr. I Gusti Agung Ngurah Anom, MARS turut mencoba langsung Poros yang telah tersedia. ”Saya optimis aplikasi ini jika digunakan peserta JKN, kedepannya pasti akan sangat membantu dan juga memberikan dampak positif bagi pihak rumah sakit,” terang Anom.

 

Shares: