FORUM Keadilan Bali – Ratusan pengunjung Denpasar Festival (Denfest) ke-16 antusias memanfaatkan pelayanan Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar, Minggu (24/12).
Hingga hari ketiga pelaksanaan Denfest, sebanyak 232 orang tercatat memanfaatkan pelayanan jemput bola tersebut. Diantara 19 orang memanfaatkan pelayanan perekamanan KTP elektronik, 58 orang memanfaatkan pelayanan pencetakan KTP elelektronik dan 145 orang memanfaatkan pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).
Kadisdukcapil Kota Denpasar Dewa Gde Juli Artabrata menjelaskan, pihaknya terus memberikan pelayanan administrasi kependudukan. Seluruh masyarakat Kota Denpasar dapat memiliki administrasi kependudukan secara lengkap.
Dia menjelaskan Disdukcapil telah menerapkan inovasi Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi (JB Pelangi). Memaksimalkan pelayanan tersebut, pelayanan menyasar pengunjung Denfest berlangsung di kawasan Patung Catur Muka Denpasar. Diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat mengurus administrasi kependudukan. ”Kami melaksanakan JB Pelangi menyasar pengunjung Denfest sudah berusia di atas 16 tahun. Hal ini mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan antusiasme masyarakat cukup tinggi memanfaatkan pelayanan ini, terutama aktivasi IKD,” jelasnya.
Dewa Juli berharap masyarakat mendapatkan pelayanan di Denfest, dan tidak perlu repot cukup membawa foto copy Kartu Keluarga (KK) untuk proses perekaman dan pencetakan KTP elektronik, menyiapkan Nomor NIK, Nomor HP dan email aktif untuk aktivasi IKD.
Dewa Juli mengingatkan pentingnya KTP elektronik dan IKD setiap masyarakat. Mengingat KTP elektronik merupakan identitas paling mendasar dalam berbagai urusan. Masyarakat diminta dapat melengkapi diri dengan KTP elektronik dan segera mengantifkan IKD sesuai intruksi pemerintah pusat. ”Kami mengajak seluruh warga Kota Denpasar dan pengunjung arena Denfest memanfatkan pelayanan ini. Tinggal satu hari lagi bisa dimanfaatkan, sehingga dengan adminduk lengkap segala urusan berjalan lancar,” ucapnya.