FORUM Keadilan Bali – Arus mudik Natal dan Tahun Baru 2024 di Bandara Internasional I Gisti Ngurah Rai Bali selama enam hari mencapai 401.673 orang penumpang.
Hingga hari keenam posko Nataru, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai telah melayani 401.673 penumpang atau rata-rata 66.945 penumpang per hari. Puncak pergerakan penumpang terjadi H-2 libur Natal atau tanggal 23 Desember 2023 sebanyak 75.240 penumpang. Rata-rata penumpang harian bulan Desember 62.000 orang atau terdapat kenaikan 7 persen dibandingkan jumlah rata-rata penumpang yang dilayani selama Januari hingga November yakni 58.000 penumpang per hari.
Sinterklas dengan janggut putih dan pakaian serba merah terlihat berkeliling di area kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Ternyata, Sinterklas tersebut menyembunyikan kado akan diberikan secara acak kepada penumpang yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai.
Robert, salah seorang penumpang penerbangan Jakarta-Bali tak menyangka di Hari Natal ini saat dirinya tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai mendapatkan kejutan bingkisan muncul dari conveyor belt saat menunggu bagasinya keluar. Robert menjadi salah satu penumpang beruntung mendapat bingkisan di Hari Natal dari pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai, Senin (25/12).
Sama halnya dengan Robert, Ollie, seorang WNA asal Inggris terbang dari keberangkatan internasional menuju Dubai juga terhibur dengan penampilan choir yang menyanyikan lagu-lagu bertema Natal. ”Nuansa natal di Bali Airport membuatku terkenang dengan masa kecilku. Selain itu, ada dekorasi Christmas di sepanjang flow yang dilewati penumpang ditambah penampilan Christmas carrol membuat suasana Natal di bandara semakin hangat,” ungkapnya.
General Manager Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan menjelaskan atraksi memeriahkan perayaan Natal hingga tahun baru untuk menciptakan customer experience pengguna jasa. ”Kami berharap dengan adanya Thematic Event ini, membuat mereka yang berpergian pada Hari Raya Natal tetap dapat merayakan bersama kami. Ini bagian dari upaya kami menghadirkan pengalaman unik bepergian melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai tak terlupakan,” kata Handy.
Dia menambahkan sejak awal Desember suasana Natal sudah terasa dengan pemasangan dekorasi di area terminal terutama titik-titik yang berhubungan langsung atau menjadi touch point penumpang seperti ruang tunggu, ceheck in area, hingga area gerai. Pihaknya secara khusus mendorong agar para mitra usaha berpartisipasi menghias gerainya dengan suasana Natal.
Dekorasi yang terpasang terasa makin lengkap dengan penampilan atraksi hiburan christmas carrol, fortune teller, serta kehadiran pemeran Santa Klaus yang menghibur pengguna jasa. ”Kami berupaya semaksimal mungkin menangkap keceriaan Hari Raya Natal serta menghadirkan suasana riang gembira dengan kegiatan – kegiatan aktivasi yang interaktif dan melibatkan langsung para pengguna jasa,” pungkas Handy.
Selain thematic event dan aktivasi, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai saat ini menyelenggarakan loyalty program yaitu eat, shop, and fly. Pada program eat, shop, and fly, para pengguna jasa yang berbelanja di tenant bandara dikelola PT Angkasa Pura I dapat mengunggah struk belanjanya untuk mendapatkan poin dapat ditukar menjadi hadiah menarik. Event ini berlangsung hingga 29 Februari 2024 mendatang.