• PANTAU IMIGRASI – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Pramella Yunidar Pasaribu, bersama Ombudsman RI Provinsi Bali Ni Nyoman Sri Widhiyanti meninjau sistem keimigrasian di Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Senin (24/6).

    Berangsur Pulih, Sistem Keimigrasian Ngurah Rai Dipantau Kakanwil Kemenkumham Bali Bersama Ombudsman RI

    FORUMKedilanbali.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Pramella Yunidar Pasaribu, bersama Ombudsman RI Provinsi Bali Ni Nyoman Sri Widhiyanti meninjau langsung sistem keimigrasian di Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Senin (24/6).

    Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan pemulihan sistem keimigrasian pasca gangguan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) beberapa waktu lalu. Peninjauan ini didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Suhendra.

    Tujuan utama kunjungan ini memantau langsung pemulihan sistem keimigrasian yang sempat terhambat akibat gangguan PDNS. Beruntung, sejak Minggu (23/6), sistem keimigrasian di Ngurah Rai telah berangsur pulih dan kembali beroperasi normal.

    Kakanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu menyampaikan sistem PDNS masih dalam tahap pemulihan, layanan imigrasi di TPI Ngurah Rai tetap berjalan optimal. Hal ini berkat kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran Kanim Ngurah Rai melayani masyarakat. ”Kami bersyukur sistem keimigrasian di Ngurah Rai sudah mulai berangsur pulih dan dapat kembali melayani masyarakat dengan baik. Kami terus berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan pemulihan sistem secara menyeluruh dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Pramella.

    Saat ini, kata Pramella, sebagian besar layanan imigrasi seperti layanan paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan sudah mulai berjalan kembali. Ombudsman RI Provinsi Bali juga menyempatkan diri melihat langsung proses layanan di autogate dan proyek autogate yang akan segera rampung.

    Kepala Ombudsman RI Provinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti memberikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham Bali dan Kanim Ngurah Rai upaya cepat dan tanggap menangani gangguan PDNS. Beliau mengapresiasi komitmen Kanwil Kemenkumham Bali dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa bandara. ”Kami mengapresiasi upaya Kanwil Kemenkumham Bali dan Kanim Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai menangani gangguan sistem keimigrasian dengan cepat, tanggap, dan tepat,” ucap Sri Widhiyanti.

    Kepala Kanim Ngurah Rai, Suhendra menjelaskan pelayanan keimigrasian di Ngurah Rai berjalan baik dan lancar meskipun sempat mengalami gangguan PDNS. Pihaknya sigap menangani masalah server down sehingga wisatawan tidak terganggu dalam perjalanannya.

    Kunjungan Ombudsman RI dan Kakanwil Kemenkumham Bali ke TPI Ngurah Rai merupakan bukti komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan keimigrasian yang terbaik bagi masyarakat. Dengan pulihnya sistem keimigrasian dan segera beroperasinya autogate, diharapkan TPI Ngurah Rai dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. (nom)