Jaya Negara Hadiri Pengukuhan Bendesa dan Prajaru Adat Kepaon Periode 2022 – 2027

FORUM Keadilan Bali – Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara menyaksikan pengukuhan Bendesa dan Prajuru Desa  Adat Kepaon masa bakti 2022-2027, Selasa (14/6) di Wantilan Pura Desa Adat setempat.

Sebelum dilakukan pengukuhan  dilaksanakan prosesi mejaya-jaya segenap prajuru serta pecalang Desa Adat Kepaon.

Wali Kota Jaya Negara mengucapkan selamat dengan telah dikukuhkannya kembali Jro Bendesa Adat Kepaon yang lama kembali menjadi Bendesa Adat Kepaon masa bakti 2022-2027, Anak Agung Ketut Wirya oleh Majelis Desa Adat (MDA) Denpasar. ”Harapan kami kedepan bisa membangun sinergitas dan kerjasama dengan Pemerintah Kota Denpasar, terutama menjaga Denpasar agar lebih aman, tertib khususnya pemberdayan adat. Apalagi sekarang ada Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan, Denpasar mempunyai visi kota berbasis budaya perlu dukungan dari desa adat,’’ kata Jaya Negara.

Jaya Negara meminta semoga dilaksanakan pengukuhan ini dapat mengemban amanat masyarakat Desa Adat Kepaon menjadi sejahtera. Elain itu, segala tujuan dan harapan mengemban amanat masyarakat  sebagai bendesa di Desa Adat Kepaon dapat tercapai serta bisa bekerja sama dalam menjaga dan memajukan Desa Adat Kepaon khususnya Kota Denpasar.

Ketua MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana mengatakan, di tengah derasnya arus perubahan yang terjadi menjadi tantangan tersendiri bagi desa adat dalam mengembangkan perannya serta memperkuat jati diri sebagai modal utama mendukung pembangunan berwawasan budaya. Dilantiknya Bendesa Adat Kepaon, pihaknya mengajak bersama-sama menjaga dan memperkuat desa adat di era globalisasi ini. ”Ini merupakan wujud nyata memaksimalkan peran desa adat di dalam menentukan arah kebijakannya mendukung pembangunan dan memperkuat jati diri masyarakat Bali,” ujarnya.

Sementara Bendesa Adat Kepaon, Anak Agung Ketut Wirya mengyampaikan dilantiknya kembali dirinya terus berupaya semaksimal mungkin mengabdi kepada masyarakat. Hal ini merupakan amanah kepada dirinya untuk selalu berupaya menciptakan keharmonisan masyarakat dan bersinergi dengan tokoh adat, dinas maupun pemerintah sehingga menciptakan keselarasan serta kedamaian. ”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, krama Desa Adat Kepaon serta semua komponen yang terlibat dalam kegiatan ini. Semoga apa yang kita harapkan bersama bisa berjalan sesuai rencana,” katanya.

Baca Juga :   Pendaftaran Ditutup, 10 Pejabat Ikuti Seleksi Jabatan Kadis Damkar dan Pariwisata Kota Denpasar