FORUMKEADILANBali.com – PT Angkasa Pura Indonesia (API) Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai memastikan seluruh aspek pelayanan dan fasilitas dalam kondisi prima dan siap melayani angkutan Natal 2024 dan tahun baru 2025 (Nataru). Koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh komunitas bandara diambil sebagai langkah mengantisipasi meningkatnya jumlah pergerakan pesawat dan potensi lonjakan penumpang.
General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Ahmad Syaugi Shahab mengatakan pihaknya telah menyusun rencana operasional bandara periode Nataru. ”Fokus pelayanan kami sesuai pilar perusahaan yakni Premises, terkait kesiapan infrastruktur dan fasilitas. Kemudian People, berupa kesiapan personel bandara serta Process yakni kolaborasi lintas instansi untuk memastikan operasional angkutan Nataru berjalan baik dan lancar,” kata Ahmd Syaugi, Jumat (13/12/2024).
Ahmad Syaugi menyamikn pihaknya telah memastikan kesiapan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, pelayanan penumpang khususnya di setiap touch point, optimalisasi jadwal penerbangan (slot time), serta pengaturan lalu lintas kendaraan penjemput dan pengantar di sekitar bandara.
Dia berharap serangkaian proyek optimalisasi telah selesai mampu menambah kenyamanan serta meningkatkan kelancaran arus penumpang dan kendaraan di dalam bandara. Bahkn pengaturan pada area di dalam terminal rawan kepadatan telah dilakukan. Diantaranya re-layout pada area pemeriksaan keamanan atau Security Check Point (SCP). Dengan pengaturan tersebut, lajur pemeriksaan SCP bertambah. Di SCP domestik lantai 1, dari 3 lajur menjadi 5 lajur sementara di lantai 2 saat ini ada 4 lajur dari kondisi sebelumnya 3 lajur. ”Penambahan mesin x-ray juga telah dilakukan, tiga unit untuk domestik dan satu unit untuk terminal internasional,” jelasnya.
Ahmad Syaugi mengungkapkan perhatian lebih juga diberikan pengelola bandara pada situasi kendaraan di sisi darat terminal. ”Kami menyadari lahan operasional bandara terbatas. Kami berupaya semaksimal mungkin mencari solusi agar arus kendaraan lebih lancar mulai dari pintu masuk hingga keluar bandara. Kami telah menambah 2 lajur kendaraan sehingga saat ini tersedia 4 lajur. Selain itu, kami mengatur dan memperluas beberapa titik akses lajur kendaraan. Dapat dilihat saat ini lajur kendaraan sudah lebih luas. Kelancaran kendaraan juga didukung implementasi pembayaran parkir kendaraan secara non-tunai,” ungkapnya.
Menjelaskan mengantisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan dari dan ke bandara, lanjut Ahmd Syaugi, telah mendapat dukungan dari Kepolisian Resor Bandara, Kepolisian Resor Kuta, Lanud Ngurah Rai, Dinas Perhubungan Kabupaten Badung, Desa Adat Tuban, dan Desa Adat Kuta. ”Kami akan menempatkan petugas gabungan di beberapa titik yang rawan terjadi kepadatan kendaraan seperti di simpang Dewi Sartika, Kubu Anyar, dan simpang Patung Kuda,” terangnya.
Memastikan kelancaran operasional dan pelayanan kepada penumpang, ucap Ahmd Syaugi, manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai bersama instansi terkait akan menyelenggarakan posko terpadu monitoring angkutan Natal dan tahun baru 2024/2025. Posko ini rencananya akan berlangsung pada 18 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Operasional bandara akan berjalan 24 jam. Begitu juga dengan Posko Terpadu. Dengan posko ini setiap pergerakaan pesawat dan penumpang akan termonitor secara realtime.
Ahmad Syaugi menambahkan, selama periode angkutan Natal dan tahun baru nanti, Bandara I Gusti Ngurah Rai diproyeksikan akan melayani lebih dari 7.800 pergerakan pesawat atau meningkat 4 persen dibanding periode Nataru tahun lalu. Sementara prediksi jumlah penumpang yang akan dilayani selama 19 hari Posko Nataru akan mencapai 1,3 juta penumpang atau lebih tinggi 10 persen dibanding Nataru tahun sebelumnya sebanyak 1,2 juta penumpang.
Terkait pengajuan penambahan penerbangan atau extra flight, Ahmad Syaugi menuturkan, hingga Kamis (12/12) telah menerima 445 pengajuan dari 7 maskapai untuk 7 rute domestik yakni Jakarta, Surabaya, Makassar, Lombok, Timika, Pontianak, dan Banjarmasin. (FKB)