Kadiskop UKM dan Perindag Badung Buka Kurasi Produk UMKM

FORUM Keadilan Bali – Bupati Badung diwakili Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana membuka kurasi produk UMKM Kabupaten Badung sebagai tindak lanjut kesepakatan bersama kerjasama penyelenggaraan pembangunan dan pemberdayaan UMKM Kabupaten Badung, di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Senin (27/6).

Bupati Badung dalam sambuatnya dibacakan Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah serta masyarakat Kabupaten Badung menyambut baik pelaksanaan kurasi produk UMKM Kabupaten Badung sebagai temporary vendor pada Sogo Discovery Shopping Mall dan Alun-alun Indonesia Bali Collection ITDC Nusa Dua. ”Kami harapkan melalui kurasi ini akan terseleksi produk UMKM sesuai tingkatan mutu sehingga memiliki kualitas baik dan memenuhi standar serta sesuai kebutuhan pasar global umumnya,’’ kata Widiana.

Widiana mengungkapkan, melalui kerjasama dan sinergis ini dapat menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan produk UMKM Kabupaten Badung agar dikenal baik ditingkat nasional maupun internasional. Karena itu, harus memberikan perhatian yang intensif dan emakin gencar menggali serta membina potensi-potensi unggulan daerah, terutama menjadi produk UMKM untuk dikembangkan. Sehingga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Kabid Bidang UKM Badung I Made Wirya Santosa melaporkan, Pemerintah Kabupaten Badung telah menandatangani naskah kesepakatan bersama PT Alun-alun Indonesia Kreasi dan PT Panen Lestari Indonesia tanggal 26 April 2022 tentang kerjasama penyelenggaraan program pengembangan dan pemberdayaan UMKM Kabupaten Badung. ”Atas nama Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang mendalam kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kerjasama dengan proses kurasi produk agar dapat menjadi temporary vendor di sogo dan alun-alun Indonesia. Kegiatan ini mendukung upaya pemberdayaan sektor riil khususnya pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Badung,”ucapnya.

Baca Juga :   Denpasar Laporkan 14 Pasien Covid-19 Baru, Kasus Sembuh Bertambah 8 Orang

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan kurasi produk UMKM ini adalah memperkenalkan produk UMKM di Kabupaten Badung kepada pelaku usaha besar untuk dapat dikerjasamakan dalam hal promosi dan pemasaran, memicu kreativitas pelaku UMKM untuk selalu berinovasi dalam membuat produk agar dapat bersaing di pasar global serta memfasilitasi pelaku UMKM untuk menambah jaringan kemitraan usaha dalam rangka pengembangan usaha UMKM. Jumlah peserta kurasi produk UMKM pada saat ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari beberapa kriteria produk diantaranya fashion, aksesoris, handycraft, home living, dry food, produk spa sesuai dengan kriteria dari Sogo Discovery Shopping Mall dan Alun-alun Bali Collection ITDC Nusa Dua serta sumber pendanaan acara ini bersumber dari support Bank BPD Bali Cabang Mangupura.