FORUM Kedilan Bali – Solusi tepat mengelola karyawan dengan mudah dan hemat, PT Asta Pijar Kreasi Teknologi (APIK) meluncurkan aplikasi samartwork di kantor PT Asta Nadi Karya, Jl. Gunung Galunggung Nomor 8A Ubung Kaja, Denpasar Utara, Senin (20/2).
Komisaris PT Asta Pijar Kreasi Tekologi, Putu Gede Indra P, S.H., didampingi Komisaris PT Asta Pijar Kreasi Teknologi, Putu Swesty Prahayani, SE., di sela-sela peluncuran aplikasi smartwork mengatakan, latar belakang pembuatan aplikasi smartwork ini untuuk memudahkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, empat tahun lalu sangat susah mengola SDM secara manual. Sedangkan karyawan bertambah terus. ”Untuk mengefektifkan absensi, karyawan akan ngabsen di tempatnya bekerja dan tidak ada diluar sehingga efektif bagi karyawan,’’ kata Putu Indra.
Dia menyatakan, aplikasi smartwork berbasis digital ini lahir di Bali dan memuat semua kebutuhan HRD. Selain itu ada e-learning sehingga karyawan mampu bekerja sesuai SOP. ”Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengelolaan SDM sekaligus mengefektifkan dan mengetahui kinerja karyawan,” ucap Putu Indra.
Putu Indra menjelaskan, setiap perusahaan ingin melakukan efisiensi dan optimalisasi di segala bidang, khususnya di sektor sumber daya manusia (SDM). Mempermudah pengelolaan SDM ini, PT Asta Pijar Kreasi Tekonologi meluncurkan aplikasi smartwork untuk membantu bagian HRD agar bisa melakukan efisiensi. Bagaimana mengetahui kinerja karyawan sehingga diketahui kinerja karyawan selama bekerja. Apakah optimal bekerja dan juga payroll pengkajian dan slip gaji sudah otomatis tinggal lihat di HP. ”Kalau ada karyawan mengajukan cuti, ada kendala dan anaknya sekolah serta ada upacara mereka bias langsung kas bon dengan memakai smartwork pengajuan kas bon otomatis sudah terdeteksi di rekeningnya masing-masing kayawan,’’ jelas Putu Indra.
Ditanya setelah pemakaian aplikasi smartwork ada peningkatan produktivitas kerja karyawan, Putu Indra menyampaikan, sangat mengefektifkan sehingga kosnya lebih hemat. Biasanya memperkerjakan HRD tiga orang sekarang cukup satu orang saja. Smartwork ini sangat aup to date tahu karyawan ada di mana, apa pekerjaannya dan sudah berapa produksinya sehingga diketahui semuanya. ”Jadi profit perusahaan otomatis bertambah dengan memakai aplikasi smartwork,’’ ucap Putu Indra.
Sementara itu, CEO PT Asta Pijar Kreasi Teknologi, Damasius Wikaryana Utama, S.Kom., mengungkapkan pengaplikasian human resource information system (HRIS) merupakan sistem informasi pengelolaan SDM dilengkapi training, payroll dan lainnya. “Sistem ini akan memudahkan HRD untuk pekerjaan yang berulang. Kondisi ini bisa membuat penghematan biaya operasional sampai 20 persen. Contohnya saat membuat slip gaji,” ujar Damasius.
Mamasius mengatakan, sistem ini dapat memudahkan keputusan yang berbasis data. Data akan tersentralisasi dan diotomatisasi oleh sistem sehingga hasilnya bisa menunjang keputusan manajemen. ”Sistem ini juga dapat mengelola data berjumlah besar. Semua data tersimpan dalam cloud, sehingga mengurangi kemungkinan data hilang. Di samping bisa mengurangi human eror serta dapat meningkatkan kepuasan karyawan. Komunikasi karyawan dan manajemen lebih terbuka. Sistem ini, membantu kinerja karyawan dalam meraih target hingga 100 persen,” jelasnya.
Damasius meneangkan, aplikasi ini akan memudahkan pengajuan cuti, pengelolaan otomatis shift kerja karyawan, serta mempercepat proses penggajian karyawan dengan aplikasi payroll otomatis. “Aplikasi smartwork mempunyai fitur smartsales yang menunjukkan aktivitas sales dan target succesor yang dilengkapi dengan rute dan jarak tempuh,” tambahnya.
Damasius meambahkan fitur lainnya yang cukup menarik adalah smartwage yang memungkinkan karyawan menarik gaji kapan saja berupa kasbon. Penarikan gaji ini berlaku real time yakni proses penarikan gaji cepat dan langsung masuk rekening. Fitur ini juga memungkinkan karyawan dapat menarik hingga lebih dari 50 persen. ”Kendala yang kami hadapi adalah karena menggunakan GPS, sistem akan kesulitan dalam ngecek lokasi absensi karyawan. Namun, dalam aplikasi ini sudah tersedia tombol bantuan yang akan menghubungi karyawan bersangkutan lewat WA untuk diminta share lokasi,” tandas Damasius.