FORUM Keadilan Bali – Penyandang Top 5 dalam kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4), Kota Denpasar menjadi destinasi kunjungan kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut, Dahnial Kifli beserta rombongan studi tiru Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor, dan informasi public.
Studi tiru diterima Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Denpasar, A.A Gede Risnawan di Gedung Damamaya, Denpasar Cyber Monitor, Kota Denpasar, Kamis (9/11).
Asisten II A.A Gede Risnawan didampingi Sekretaris Diskominfos Kota Denpasar, Wira Kusuma Wahyudi memaparkan kanal pelaporan dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan Denpasar Cyber Monitor. ”Kota Denpasar memiliki beberapa kanal pelaporan mulai dari SP4N Lapor. Melalui beberapa medsos seperti Instagram, Facebook, Twitter, serta Radio Publik Kota Denpasar (RPKD), kemudian data diterima dihimpun oleh Denpasar Cyber Monitor diteruskan kepada dinas terkait dan ke grup respon cepat pimpinan daerah segera mendapatkan atensi,” katanya.
Risnawan berharap kunjungan ini menjadi referensi bagi kedua pihak untuk dapat bersama-sama berbagi pengalaman dan informasi terutama pengeloaan SP4N Lapor agar menjadi lebih baik kedepan. ”Pengelolaan SP4N Lapor tetap memerlukan masukan serta inovasi agar lebih baik kedepan,” katanya.
Sementara Sekda Kabupaten Tanah Laut, Dahnial Kifli didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum, Safarin, menyampaikan ada beberapa poin akan dijadikan role model dalam peningkatan jaringan komunikasi yang dimiliki setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar dapat terintergrasi dan terhimpun melalui satu kanal. ”Selain jaringan komunikasi akan ditingkatkan, kami perlu melakukan sosialiasasi kepada masyarakat terdiri dari 130 desa se-Kabupaten Tanah Laut untuk mengetahui, terbiasa, dan mau menggunakan sistem pengaduan yang ada agar pemerintah melalui instansi terkait dapat merespon dengan cepat dan efisien,” katanya.