FORUM Keadilan Bali – Jumlah penumpang pada masa libur panjang Isra Mikraj hingga Tahun Baru Imlek, tanggal 8 – 11 Februari 2024 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali diprediksi mencapai 241.133 penumpang atau rata-rata 60 ribu penumpang per hari.
Angka tersebut diyakini lebih tinggi 4 persen dibanding pergerakan penumpang pada pekan pertama Februari yakni rata-rata 57.853 penumpang per hari. Prediksi tersebut sesuai karakteristik penumpang bepergian ke Bali berlibur dan diperkirakan akan memanfaatkan hari libur nasional dan cuti bersama berwisata ke Pulau Bali.
Handy Heryudhitiawan, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengatakan, pihaknya memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik penumpang pada momen libur panjang di pekan ini. Mengingat ada tanggal merah dan cuti bersama serta mungkin ada mengambil waktu cuti setelahnya. ”Kami mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang meskipun sepekan terakhir belum nampak terjadi lonjakan jumlah penumpang. Mungkin baru terlihat Rabu (7/2)hari ini atau Kamis (8/2),” ujarnya.
Handy menyampaikan prediksi puncak kedatangan penumpang diperkirakan terjadi Jumat (9/2) dengan jumlah penumpang domestik sekitar 13.187 dan internasional 16.589 penumpang. Sementara itu, puncak keberangkatan setelah momen libur panjang selesai diperkirakan terjadi tanggal 11 Februari 2024 dengan perkiraan 16.244 penumpang domestik serta 19.380 penumpang internasional.
Handy menjelaskan selama momen libur tanggal 8 – 11 Februari 2024 ini, terdapat pengajuan penambahan penerbangan atau extra flight yaitu 18 rute keberangkatan dan 19 rute kedatangan, masing-masing rute domestik Jakarta, Makassar, Surabaya, Lombok, Banjarmasin, Yogyakarta, Solo dan Tambolaka. Data maskapai mengajukan rute extra flight hingga saat ini adalah Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, Indonesia Air Asia dan Nam Air. ”Pengajuan penerbangan tambahan tersebut turut menjadi perhatian kami dengan lebih intensif memastikan operasional dapat berjalan baik, termasuk dari sisi pengaturan slot penerbangan, keamanan, keselamatan, maupun kenyamanan para penumpang,” tegas Handy.
Di momen perayaan Tahun Baru Imlek, tambah Handy, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai meningkatkan customer experience, melalui thematic event penumpang yang akan dihibur dengan pertunjukan barongsai dan berbagai permainan seru serta hiasan ornamen imlek yang telah dipasang di berbagai titik di bandara.