• Pembinaan Pelayanan Publik 2023, Sekda Adi Arnawa Minta OPD Jabarkan Esensi Reformasi Birokrasi

    FORUM Keadilan Bali – Mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat dan daya saing daerah melalui reformasi birokrasi, diperlukan percepatan peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan publik melalui inovasi pelayanan publik guna memenuhi harapan masyarakat.

    Hal tersebut disampaikan Sekda Badung Wayan Adi Arnawa saat membuka acara pembinaan pelayanan publik 2023 dirangkaikan penyerahan piagam penghargaan Pelayanan Publik tahun 2022 kepada OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, di ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Rabu (26/4).

    Sekda di Arnawa mengatakan kegiatan ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang mendapatkan penghargaan pelayanan publik secara administratif semata, mari merubah paradigma itu. Harus melakukan terobosan dan inovasi. ”Isu sekarang terkait reformasi birokrasi, perangkat daerah harus mampu mendorong reformasi birokrasi berbasis tematik yang didalamnya ada isu pengentasan kemiskinan peningkatan investasi dan seterusnya,” ujarnya.

    Menurut Adi Arnawa jajaran perangkat Daerah Kabupaten Badung harus mampu menerjemahkan dan menjabarkan esensi reformasi birokrasi. Pada prinsipnya merubah mindset ASN menjadi pelayan masyarakat. Dengan melakukan terobosan pelayanan berupa gagasan/ide kreatif orisinil atau adaptasi dan modifikasi yang mampu memberikan manfaat langsung atau tidak langsung bagi masyarakat. Sebagai upaya sistematis dilakukan secara instansional melalui kegiatan penciptaan, pengembangan, dan pelembagaan Inovasi.

    Harus mengedepankan transparansi, kepastian hukum dan melakukan penyederhanaan birokrasi pelayanan public, ini harus kita terapkan. Jalan satu-satunya mewujudkannya dengan menerapkan digitalisasi dan inovasi. ”Saya minta kedepan, teman-teman memiliki target kinerja dan berlomba-lomba melakukan inovasi. Ini akan kita jadikan dasar atau instrumen dalam memberikan reward dan punishment,” jelasnya.

    Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Badung Cokorda Raka Darmawan mengungkapkan pelaksanaan kegiatan ini meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Dijelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini memberikan piagam penghargaan kepada perangkat daerah yang meraih kategori pelayanan prima dan sangat baik pada evaluasi kepatuhan pelayanan publik tahun 2022. Selain memberikan pembinaan terkait kepatuhan pelayanan publik bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, serta memberikan pembinaan terkait peningkatan kualitas budaya pelayanan prima.

    Raka darmawa menjelaskan pihaknya mendukung kegiatan ini mengundang dua narasumber dari Universitas Udayana yaitu Dr. Dra. I Gusti Ayu Manuati Dewi, M.A. dan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, I Nyoman Agus Santika.