• Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Gelar Temu Pelanggan, Terus Berinovasi Tingkatkan Pelayanan

    FORUM Keadilan Bali – Serangkaian HUT ke-26, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar menggelar temu pelanggan dilaksanakan di IPA Belusung, Denpasar Utara, Rabu (14/6).

    Menapaki usia ke-26 tahun, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma terus berinovasi dan merancang program prioritas guna meningkatkan pelayanan. Turut hadir Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, Sri Widhiyanti, Anggota DPRD Kota Denpasar I Wayan Sutama, perwakilan BWS Bali-Penida, perwakilan UPTD Pengolahan Air Minum PUPRKIM Provinsi Bali, Camat Denpasar Utara Wayan Yusswara, Camat Denpasar Timur Made Tirana,  Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar, perwakilan pelanggan serta jajaran direksi dan dewan pengawas Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar.

    Temu pelanggan, kata Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma, IB  Gede Arsana mengangkat tema ”Dengan Semangat Vasudhaiva Kutumbakam Kita Tingkatkan Sinergi dalam Melayani Sepenuh Hati Menuju Denpasar Maju”. Kegiatan ini menjalin silahturami, bersinergi dengan para stakeholder. Dalam pelayanan pemehunan kebutuhan air bersih Kota Denpasar tidak bisa dipungkiri adanya gangguan atau ketidaknyamanan pelanggan untuk mendapatkan air secara kontinuitas dan berkualitas.

    Arsana menilai kinerja Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma dalam tiga tahun terakhir berada pada kategori ”Sehat”. Hal tersebut sejalan dengan berbagai program dan terobosan yang dilaksanakan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma mendukung peningkatan pelayanan bagi pelanggan. ”Harapan kami kedepan lebih meningkatkan kualitas produksi, distribusi dan pelayanan lainnya. Dukungan ini harus mendapat dukungan dari para stakeholder yang kami banggakan,” ujarnya.

    Lebih lanjut Arsana mengungkapkan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar memiliki 90.023 pelanggan. Tahun ini sebanyak tiga bidang utama menjadi fokus inovasi di tahun 2023, yakni Bidang Produksi, Perumda akan terus mendukung optimalisasi IPA Ayung III, IPA Waribang dan Sumur Bor. Sehingga mampu mendukung optimalisasi kebutuhan air baku. Selain itu, pemanfaatan kanal air baku IPA Belusung akan terus dibenahi guna mendukung kehandalan produksi air bersih.

    Arsana menjelaskan, kedua Bidang Distribusi, Perumda terus mendukung optimalisasi distribusi air dengan mempercepat perbaikan pipa jika ada kebocoran, Percepatan pelayanan melalui aplikasi Sistem Informasi pelayanan pelanggan, pembangunan jaringan distribusi primer dan sekunder, pengaturan valve untuk pemerataan air bersih, memperbanyak pembentukan zoning block serta pengoperasian reservoar Tonja, Serangan dan Monang-Maning. Selain itu, terbosoan lainya adalah tuntasnya pembangunan Kanal Air Baku IPA Belusung dan rencana KPBU untuk revitalisasi atau peremajaan  pipa yang sudah berumur puluhan tahun.

    Ketiga, yakni Bidang Pelayanan, dimana dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan, Perumda terus berinovasi dengan mengedepankan digitalisasi. Hal ini dilaksanakan dengan pengembangan Sistem Distribusi Air Bersih (SIDAB) berbasis Citra Satelit Kota Denpasar. Selain itu juga turut diaplikasikan pola pembacaan meter air dengan sistem barcode, infromasi pelayanan dengan SMS Broadcast dan Informasi Pelayanan Layar Sentuh. ”Digitalisasi menjadi fokus kita pengembangan perusahaan kedepan, sehingga pelanggan dapat memanfaatkan pelayanan dengan mudah. Semoga dukungan semua pihak, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma terus berbenah dan tumbuh memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Arsana.