FORUM Kedilan Bali – Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno menghadiri pameran UMKM dan workshop digital marketing digelar Komunitas Gerakan Masyarakat Wirausaha Bali di Wistara Family Café, Denpasar Barat, Kamis (23/2).
Dalam kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno berharap pameran serta workshop ke depan dapat memberikan pelajaran cara meningkatkan kreativitas dalam melaksanakan marketing kepada calon pelanggan.
Lebih lanjut dikatakannya sumber utama marketing ini adalah kreativitas. Jangan sampai rombongan wisata hanya menjadi ”Rohali’’ yaitu rombongan yang hanya lihat-lihat dan selfi. Bagaimana cara kita untuk mengubah mindset dan dapat mendorong minat belanja mereka untuk menjadi rombongan yang ”Rojali’’ yaitu rombongan jalan-jalan dan membeli UMKM lokal di Bali. ”UMKM kita bis dikenal lebih luas wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ujarnya.
Sandiaga Uno mengungkapkan, pihaknya memiliki beberapa program, seperti program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia. ”Jadi program ini akan on bording digitalisasi sehingga inovasi, kolaborasi dan adaptasi bisa 3G, sehingga gerak cepat, gerak bersama, untuk menggarap semua potensi termasuk online dalam menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat,” paparnya.
Ketua Gerakan Masyarakat Wirausaha Bali, Diyandriani mengatakan pelaksanaan pameran serta workshop diikuti 60 UMKM tersebar dari seluruh kabupaten di Bali. ”Diselanggarakannya pameran serta workshop ini semoga UMKM lokal yang ada di Kota Denpasar dan Bali khususnya dapat naik kelas dan dikenal masyarakat luas. Apalagi saat ini kita baru bangkit setelah dilanda pandemic. Adanya workshop ini pelaku usaha mendapat strategi baru untuk melakukan marketing,” ujar Diyandriani.
Sementara Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengapresiasi pameran dan workshop digital marketing yang diselenggarakan Komunitas Gerakan Masyarakat Wirausaha Bali. ”Pameran seperti ini, selain memperkenalkan produk UMKM lokal ke masyarakat juga dapat memberikan pelatihan tata cara marketing kepada para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya kepada orang banyak,” kata Alit Wiradana.