FORUM Keadilan Bali – Tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP1) berhasil meraih penghargaan Bandara Terbaik Versi CSI 2023 dari asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia National Air Carriers Association (INACA).
Tiga bandara tersebut, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Penghargaan Bandara Terbaik versi CSI 2023 diberikan INACA kepada tiga bandara AP1 tersebut serangkaian INACA Festival 2023 memperingati hari ulang tahun (HUT) INACA ke-53.
Penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap kinerja pelayanan bandara yang diukur melalui indeks kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI). Pada pengukuran CSI yang dilaksanakan INACA tahun 2023, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil meraih skor CSI sebesar 4,93, Bandara SAMS Sepinggan dengan skor CSI 4,90, serta Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dengan skor CSI 4,84 dari skala 1-5.
”Penghargaan berhasil diraih tiga bandara AP1 tersebut merupakan wujud apresiasi dari stakeholder, dalam hal ini INACA terhadap standar pelayanan di bandara. Dengan trafik di bandara AP1 semakin mendekati kondisi sebelum pandemi, AP1 berupaya untuk menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, termasuk di dalamnya para stakeholder terkait,” kata Direktur Operasi AP1 MMA Indah Preastuty.
Indah menjelaskan pengukuran CSI oleh INACA di bandara dikelola AP1 dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Dalam pengukuran di 2023, skor CSI rata-rata di 15 bandara AP1 mencapai 4,75 dari skala 1-5. Skor rata-rata ini mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan skor di tahun 2022 yang mencapai 4,70, serta tahun 2021 mencapai 4,67.
Indah menyampaikan skor CSI tersebut merupakan hasil dari kegiatan pengukuran dilaksanakan dengan metodologi penyebaran kuesioner kepada penumpang, pihak maskapai penerbangan, serta mitra usaha di bandara. Selain mengukur indeks kepuasan pelanggan, hal tersebut juga ditujukan untuk menjaring informasi terkait feedback dan keluhan dari pengguna jasa, serta sebagai dasar dalam perbaikan dan peningkatan standar pelayanan di bandara kepada pengguna jasa, stakeholder, serta mitra usaha. ”Bagi AP1, skor CSI bukan hanya sekadar angka, melainkan sebagai indikator atas kepuasan pelanggan, serta menjadi salah satu faktor penting bagi AP1 untuk menentukan prioritas dalam upaya peningkatan standar pelayanan,” ucap Indah.
Indah mengucapkan selamat kepada INACA tahun ini berulang tahun ke-53. Sebagai wadah bagi maskapai penerbangan nasional, INACA merupakan salah satu mitra kerja strategis AP1. ”Kami berharap kolaborasi dan sinergi dengan INACA yang sejauh ini terjalin dengan sangat baik, ke depannya akan menjadi lebih baik lagi. AP1 siap untuk meningkatkan kolaborasi dengan INACA untuk mendukung percepatan pemulihan dunia penerbangan nasional,” harap Indah.