Wagub Cok Ace: KSPAN Efektif Hindarkan Remaja dari AIDS dan Narkoba

FORUM Keadilan Bali – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi acara Passion III KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba) SUKMA (SMAN 1 Sukawati) berlangsung di SMAN 1 Sukawati, Gianyar, Sabtu (25/6).

”Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Bali mengapresiasi dan bangga atas sumbangsih adik-adik serta semangat dalam menghindarkan bahaya AIDS, Narkoba serta kenakalan remaja,” kata Wagib Cok Ace seraya menambahkan, jika KSPAN yang digawangi para remaja ini menjadi komunikasi efektif untuk mengajak sesama remaja menjauhkan hal-hal tersebut.

Menurutnya, ada dua faktor kenapa anak-anak bisa terjerumus, yaitu internal dan eksternal. Internal adalah dari diri sendiri dan eksternal dari luar. ”Jika faktor eksternal adalah pengaruh luar mereka menggunakan narkoba, maka peranan adik-adik dari segi eksternal juga sangat membantu agar mereka tidak semakin terjerumus lagi,” imbuhnya.

Wagub Cok Ace yang juga Ketua PHRI Bali itu menyampaikan jika kenakalan remaja yang bisa menjadi anak-anak terjerumus narkoba dan AIDS adalah tanggung jawab bersama. Tidak hanya anak-anak dan pemerintah, namun semua pemangku kepentingan, sekolah, masyarakat bahkan keluarga mempunyai peranan sangat penting. ”Mari kita bahu membahu, bersama-sama selamatkan generasi bangsa dari bahaya AIDS, narkoba dan kenakalan remaja,” gugahnya.

Wagub Cok Ace terus mendorong generasi muda, terutama anggota KSPAN SUKMA terus berinovasi dan berkarya dalam mengajak para remaja menyelamatkan masa depan generasi bangsa. ”Saya bangga SMAN 1 Sukawati terus berkarya dan berinovasi. Teruskan semangat itu,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sukawati I Wayan Widya menyampaikan rasa kagum kepada anak-anak didiknya begitu semangat mengadakan acara ini. Kegiatan ini sangat berguna bagi para remaja serta mengharumkan nama sekolah.

Baca Juga :   Ny. Antari Jaya Negara Hadiri Beauty Fest Miracle Ultimate Denpasar

Dia mengungkapkan, bukan lomba ini, tapi sebagai remaja dan generasi muda bisa mengaplikasikan serta mensosialisasikan bahaya AIDS, narkoba dan kenakalan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Ni Kadek Fitria Parahita melaporkan acara bertemakan ”Young Generations Take the Action” yang bisa diartikan sudah saatnya anak-anak muda mengambil peran dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, AIDS dan kenakalan remaja. Sejak dimulai dari tahun 2017, penyelenggaraan kali ini menjadi sangat penting, karena pertama kali acara lomba KSPAN bisa diadakan di tingkat provinsi menghadirkan 230 peserta dari sekolah SMP tersebar di 6 kabupaten/provinsi se-Bali.