Dilepas Wagub Cok Ace, Road Bike GFNY Diikuti 1.900 Pesepeda dari 30 Negara

FORUM Keadilan Bali – Road Bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia diikuti 1.900 pesepeda dari 30 negara dilepas Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di kilometer 19.9 Jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Gianyar, Minggu (7/8/2022).

Event melibatkan 1.900 peserta dari 30 negara ini terbagi menjadi dua jarak tempuh yaitu long (137 km) dan medium (102 km), melewati pesisir pantai dan area gunung wilayah Bali Timur. Ajang ini tak hanya melibatkan pesepeda profesional, namun juga masyarakat umum.

Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si beserta sejumlah pejabat Mabes Polri turut memeriahkan ajang ini.

Wagub Cok Ace menyampaikan rasa syukur karena event bergengsi ini bisa kembali digelar setelah tahun sebelumnya ditiadakan karena situasi pandemi Covid-19. Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia begitu semangat mempersiapkan event ini sehingga mampu menarik banyak peserta. ”Ini hebat dan luar biasa. Selamat untuk jajaran panitia dan peserta yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini,” ucapnya sembari mengapresiasi pemilihan rute yang memungkinkan peserta menjelajahi keindahan alam kawasan Bali bagian timur seperti Karangasem.

Wagub Cok Ace mengaku optimisme kalau event ini mampu mempercepat pemulihan sektor pariwisata Bali. Sepanjang rute yang dilalui, ia yakin peserta banyak mengambil foto dan di-upload di media sosial masing-masing. Ini sangat baik untuk pariwisata Bali dan baik upaya pemulihan ekonomi dan sangat efektif untuk promosi pariwisata. Potensi menonjol yang dimiliki Bali adalah keindahan alam dan budaya,” ungkapnya. ”Kami berharap seluruh peserta sukses menempuh rute yang telah ditentukan panitia dan selamat tiba di garis finish,’’ harapnya.

Baca Juga :   Camat Denut Ajak Generasi Muda Teladani Nilai Luhur Bung Karno

Wagub Cok Ace berharap ke depan lebih banyak event berskala nasional dan internasional dilaksanakan di Pulau Dewata.

Untuk diketahui, GFNY adalah seri marathon olahraga sepeda berskala Internasional diadakan di 19 negara dengan total 30.000 peserta per tahun terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York, Amerika Serikat. GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016.

Peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Inggris, Prancis, Italia, AS dan beberapa negara lainnya dapat menggerakkan kembali perekonomian Indonesia dan Bali khususnya. Peserta terbaik di ajang GNFY Bali 2022 akan diberangkatkan ke New York AS mengikuti World Championship tahun 2023 mendatang. Menambah semarak acara ini, digelar juga Bike Expo dari tanggal 5-7 Agustus di Gianyar.

Wagub Cok Ace melepas peserta GNFY Bali 2022 disaksikan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Sekjen PB ISSI) Parama Nugroho dan Direktur Poltekpar Bali, Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes.