Jack Miller Dijatuhi Long Lap Penalty di MotoGP Belanda 2022

FORUM Keadilan Bali – Jack Miller dijatuhi long lap penalty pada balapan MotoGP Belanda 2022, Minggu (26/6) ini. Rider Ducati asal Australia itu mendapat sanksi yang sama dalam dua pekan beruntun.

Dalam rilis MotoGP yang diterima detikSport, Miller mendapat hukuman tersebut karena dinyatakan bersalah telah melambat di tikungan 5 pada sesi kualifikasi kedua (Q2) di TT Circuit Assen, Sabtu (25/6). Aksinya itu dinilai telah mengganggu Maverick Vinales yang berada di belakangnya.

Setelah diselidiki, panel steward FIM MotoGP menyimpulkan Miller telah melanggar pasal 1.21.2 regulasi Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM yang berbunyi ”pebalap harus berkendara secara bertanggung jawab dan tidak membahayakan pebalap lain.”

Atas kecerobohannya, Miller harus kembali menjalani long lap penalty untuk kedua kalinya dalam dua pekan beruntun, seusai dengan pasal 3.2.1 dan 3.3.2.3. Miller sendiri sudah meminta maaf kepada Vinales.

Sebelumnya di MotoGP Jerman, ia diganjar hukuman serupa karena dinilai tidak menghormati yellow flag yang dikibarkan setelah insiden crash yang dialami oleh Aleix Espargaro dalam latihan bebas keempat (F4).

Meski dihukum, Miller nyatanya bisa menutup balapan di Sachsenring dengan meraih podium ketiga di belakang Johann Zarco dan Fabio Quartararo. Di Assen kali ini, bisakah pebalap 27 tahun itu kembali meraih positif?

Baca Juga :   Johann Zarco Kuasai Free Practice 2 MotoGP Austria 2022