Kadisdikpora Pemprov Bali Lepas Atlet Soina ke Pesonas 2022

FORUM Keadilan Bali – Gubernur Bali Wayan Koster diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi Bali, Boy Jayawibawa melepas  atlet, ofisial dan pelatih kontingen Special Olympics Indonesia (Soina) Bali ke Pekan Special Olympics Nasional (Pesona) ke-1 tahun 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah, di Aula Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi Bali, Jumat (1/7).

Dalam sambutan dibacakan Kadisdikpora, Gubernur Bali Waya Koster menyampaikan apresiasi kepada seluruh atlet yang terpilih mewakili Provinsi Bali berjuang dalam Pekan Pesonas yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gubernur yakin kontingen Soina Bali sudah mempersiapkan diri dengan baik dan semangat juang yang tinggi modal dasar paling penting untuk atlet/pegiat yang akan berlaga. Diharapkan kesiapan, optimisme dan tekad bulat seluruh atlet/pegiat, pelatih dan ofisial Soina Bali dapat mewujudkan prestasi gemilang. ”Setelah melalui persiapan cukup matang, sekarang saatnya para atlet menunjukan prestasi yang diharapkan untuk mengharumkan nama Bali dalam Pesona,’’ kata Gubernur Koster.

Gubernur Koster menyampaikan Pesonas adalah Pekan Special Olimpics Nasional merupakan event dengan multi cabang olahraga dan pentas seni budaya bagi atlet-atlet bertalenta khusus (penyandang disabilitas intelektual), sekaligus ajang seleksi atlet Soina yang akan mewakili Indonesia pada event Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman.  Soina merupan satu-satunya organisasi yang ditunjuk oleh Special Olympics Internasional menyelenggarakan pertandingan olahraga bagi anak-anak tunagrahita tuna grahita/keterbatasan intelektual. Karena turnamen nasional diselenggarakan pemerintah setiap 4 tahun sekali diikuti 23 provinsi. Kepada Soina Bali sebagai organisasi olahraga yang khusus memberikan pembinaan, pengembangan, pelatihan dan kompetisi olahraga bagi penyandang tuna grahita/ keterbatasan intelektual di Bali.

Diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukan secara nasional upaya pembinaan olahraga yang telah dilakukan dengan baik selama ini. Karena setiap provinsi peserta Pesonas 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah akan berusaha  mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal agar dapat meningkatkan prestasi, termasuk meningkatkan peringkat agar berada di atas. Namun Gubernur yakin dengan semangat para atlet, pelatih, serta dukungan seluruh masyarakat Bali, Kontingen Soina Bali dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasinya. Serta manfaatkan momen Pesonas ke-1 tahun 2022 ini meraih prestasi tinggi, agar memberikan kebanggaan dan dapat mengharumkan Bali di kancah nasional. Gubernur berpesan agar para atlet menjaga nama baik daerah Bali, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran, serta bertingkah laku yang baik, dan sopan.

Baca Juga :   Duta Denpasar Juara 2 Lomba Masak Ikan di KBS Fest Provinsi Bali 2023

Sementara itu, Ketua Umum Soina Bali Ibu Murdani, mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Bali. Murdani melaporkan kontingen akan berangkat ke Semarang sebanyak 40 orang terdiri dari 27 orang atlet mengikuti dan cabang olahraga, 10 orang pelatih dan 3 orang ofisial. Para atlet akan bertanding tanggal 3-7 Juli 2022. ”Kami harapkan para atlet dapat memberikan prestasi terbaik bagi masyarakat Bali,’’ harapnya.