Ketua TP PKK Provinsi Bali Terima Audiensi Sejumlah Lembaga dan Elemen Masyarakat

FORUM Keadilan Bali – Ketua TP PKK Provinsi Bali yang juga selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Ny. Putri Suastini Koster bertemu dengan pimpinan lembaga, pengurus organisasi dan elemen masyarakat di Ruang Pertemuan Jayasabha, Wraspati Wuku Langkir, Kamis (23/6).

Beberapa lembaga dan organisasi yang bertemu dengan Ny. Putri Koster yaitu BKKBN Provinsi Bali, KPPAD Provinsi Bali dan Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia. Pada hari yang sama, Ny. Putri Koster juga menerima audiensi krama Bali Los Angeles dan Ciputra Life.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih menyampaikan rencana peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Provinsi Bali akan diselenggarakan tanggal 29 Juni 2022. Memeriahkan Harganas 2022, BKKBN Bali akan menggelar talkshow mengangkat tema stunting dan mengundang Ny. Putri Koster sebagai narasumber. Selain itu, ia melaporkan pembentukan Duta Genre (Generasi Berencana) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Bali. 

Ny. Putri Koster menyambut baik rencana pelaksanaan talkshow yang mengangkat isu stunting. Ia berpendapat, stunting harus dicegah sedini mungkin, mulai dari edukasi kepada para remaja putri yang nantinya menjadi calon ibu. Perilaku remaja putri akan menjadi calon ibu mesti diperhatikan akan berpengaruh ketika memasuki masa kehamilan. ”Kami mengingatkan wadah ini jangan hanya sekadar dibentuk, tapi harus membuat program nyata merencanakan masa depan,’’ ujanya.

Selain itu, Ny. Putri Koster menerima jajaran Komisioner Komisi Penyelenggaraan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Bali  diketuai Ni Luh Gede Yastini. Mengawali penyampaiannya, Yastini memperkenalkan jajaran komisioner KPPAD Bali periode 2021-2026. Dalam kesempatan itu, Yastini menyampaikan bahwa jajarannya fokus pada program pengawasan. KPPAD juga intensif berkoordinasi dengan Majelis Desa Adat dan Pasikian Paiketan Krama Istri (Pakis) MDA Bali.  Ia mendorong agar program perlindungan anak bisa masuk pararem desa adat.

Baca Juga :   Ny. Antari Jaya Negara Serahkan Bantuan Bibit Tanaman Kepada Kelompok Dasa Wisma

Yastini menampaikan sejumlah agenda akan dilaksanakan KPPAD Bali memeriahkan Hari Anak Nasional 2022. Salah satunya kegiatan lomba menulis surat tentang anak yang melibatkan siswa SMA/SMK. ”Mereka bisa menulis apa saja tentang situasi dihadapi anak-anak di lingkungan mereka,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, KPPAD akan menggelar workshop dan menerbitkan sebuah buku. Ia berharap Ny. Putri Koster menulis sebuah puisi yang nantinya dimuat dalam buku tersebut. 

Ny. Putri Koster mengapresiasi program KPPAD Bali dalam rangka melindungi anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan. Mengacu bentuk lembaganya, KPPAD Bali diarahkan lebih fokus pada kegiatan edukasi dan sosialisasi bisa ditempuh dengan pembuatan iklan sederhana tapi mengena. ”Kami mengajak KPPAD bersinergi menyelenggarakan acara melibatkan anak-anak,’’ ucapnya. 

Ny. Putri Koster menerima Ketua Krama Bali Los Angeles Desak Nyoman Sri Gestari menyampaikan berbagai kegiatan diselenggarakan komunitas ini.  Selama ini pihaknya intens mempromosikan seni dan budaya Bali di Los Angeles (LA). Selain itu, komunitas ini juga membantu anak-anak Bali yang menempuh pendidikan di LA.  Pada kesempatan itu, Sri Gestari juga menyampaikan keinginan mempunyai tempat suci pura seperti komunitas krama Hindu Bali di Belgia.  Ny. Putri Koster mengapresiasi keberadaan perhimpunan yang mewadahi krama Bali di LA ini.  Terkait keinginan membangun pura, ia menyarankan krama Bali di LA berkoordinasi dengan komunitas serupa di Belgia.

Pada hari yang sama, Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (Kopitu) Bali juga menemui Ny. Putri Koster dalam kapasitas sebagai Ketua Dekranasda Bali. Ketua DPW Kopitu Bali I Wayan Rediyasa menyampaikan program kerja Kopitu mendorong kemajuan UMKM Bali. Salah satu programnya menjalin kerjasama dengan Jepang.

Ny.Putri Koster menyampaikan semangat yang diusung Kopitu sama dengan Dekranasda Bali menjadi wadah bagi pemajuan UMKM. Kopitu diminta fokus pada program nyata yang manfaatnya dirasakan langsung pelaku UMKM.  Ia mencontohkan program Dekranasda Bali fokus pada program pembinaan perajin melalui pameran IKM Bali Bangkit. Menurutnya banyak persoalan yang mesti  dibenahi di industri kerajinan tradisional.

Baca Juga :   Peringati HUT Ke-59, Angkasa Pura I Optimistis Kinerja Perusahaan Semakin Terbang Tinggi

Upaya memajukan UMKM, Dekranasda Bali mendapat tawaran kerjasama dari Ciputra Life.  Apa yang bisa dikerjasamakan, Ny. Putri Koster menekankan pada pembinaan dan fasilitasi pemasaran. Ia mengapresiasi sumbangsih dari pihak swasta menyukseskan program pembangunan.