FORUM Keadilan Bali – PT Angkasa Pura I (AP1) menerima 18 penghargaan prestisius tingkat dunia dalam ajang Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) 2022 diselenggarakan organisasi pengelola bandara di dunia, yakni Airports Council International (ACI).
Ini penghargaan terbanyak sepanjang sejarah AP1 sejak keikutsertaan dalam ASQ Awards. Penyerahan 18 penghargaan tersebut dilaksanakan, Rabu (6/9) malam di tengah agenda ACI Customer Experience Global Summit (ACI CEGS) berlangsung di Incheon, Korea Selatan. Sebelumnya, pengumuman pemenang ASQ Awards 2022 dilaksanakan awal Maret 2023.
Dari 15 bandara yang dikelola AP1, sebanyak 8 bandara menerima 18 penghargaan ASQ Awards 2022 antara lain Bandara Sultan Hasanuddin Makassar 5 penghargaan, Bandara Pattimura Ambon 4 penghargaan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali 2 penghargaan, Bandara Juanda Surabaya 2 penghargaan, Bandara Internasional Yogyakarta 2 penghargaan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan 1 penghargaan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang 1 penghargaan, dan Bandara Adi Soemarmo Solo 1 penghargaan.
”Saya mewakili seluruh insan Angkasa Pura I merasa bangga sekaligus terharu saat menerima penghargaan secara langsung. Sebanyak 18 penghargaan berhasil diraih 8 bandara kami tersebut merupakan sebuah capaian bersejarah bagi Angkasa Pura I. Prestasi sangat luar biasa ini merupakan wujud apresiasi, pengakuan, dan bukti nyata dari upaya kami menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.
Faik Fahmi menuturkan capaian bersejarah tersebut merupakan salah satu buah manis dari optimalisasi tiga hal utama dalam pelayanan, yakni people, process, and technology. ”Integrasi tiga hal tersebut akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan standar layanan atau level of service, pada akhirnya membawa dampak positif terhadap peningkatan kepuasan pelanggan,” imbuh Faik Fahmi.
Dia menjelaskan, ASQ Awards merupakan satu-satunya program pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa bandara yang diselenggarakan organisasi kebandarudaraan dunia berbasis di Montreal, Kanada, yaitu Airports Council International (ACI). ASQ Awards merupakan wujud pengakuan kepada pengelola bandara-bandara di dunia yang mampu memberikan customer experience atau pengalaman pelanggan terbaik yang didasarkan atas suara pengguna jasa bandara. ”Penghargaan ini pertama kali diluncurkan tahun 2006, dan saat ini melibatkan 400 bandara di 95 negara di dunia,’’ ucapnya.
Dikutip dari rilis resmi ACI, Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan, pentingnya pelayanan pelanggan di bandara. ”Pengguna jasa bandara adalah inti dari segalanya. Hal ini tercermin dari setiap aspek program penilaian dalam Airport Service Quality (ASQ). Hasil penilaian dari pengguna jasa bandara juga telah menunjukkan dan mengakui berbagai upaya yang telah dilakukan para pengelola bandara dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan,” ujarnya.