Vaksinasi PMK di Lokapaksa dan Pejarakan Disiapkan 1000 Dosis

FORUM Keadilan Bali – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak berkaki empat dilaporkan telah menyebar di sejumlah daerah di Kabupaten Buleleng.

Untuk itu, Satgas PMK Kabupaten Buleleng menyiapkan 1000 dosis vaksin PMK dan disalurkan ke hewan ternak pada wilayah yang memiliki kasus hewan ternak terpapar yaitu Desa Lokapaksa dan Desa Pejarakan, Kamis, (7/7).

Sebanyak 10 tim masing-masing terdiri dari 10 orang petugas berpencar melaksanakan vaksinasi kepada hewan ternak khususnya sapi yang berada dalam radius tersebut. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat bersinergi dengan pemerintah desa setempat serta TNI dan kepolisian.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa ditemui saat meninjau vaksinasi, mengatakan pihaknya terus menambah stok vaksin agar dapat memenuhi kebutuhan di Kabupaten Buleleng. ”Hari ini kita dari Pemkab sudah sediakan 1000 dosis, nanti dari Pemprov Bali juga akan datang lagi 1000 dosis,” katanya seraya mengungkapkan, pemerintah pusat akan menyalurkan bantuan vaksin PMK lebih banyak lagi dalam waktu dekat.

Pelaksanaan vaksinasi ini disambut baik para peternak, salah satunya Komang Adnyayasa selaku Ketua Kelompok Simantri Nandi Swara, Dusun Sorga, Desa Lokapaksa. ”Saya berharap semoga melalui vaksinasi ini hewan ternaknya dapat terhindar dari PMK,’’ harapnya.

Baca Juga :   Jaya Negara Hadiri Pamelaspas Balai Kulkul Banjar Pagan Tengah