HUT Ke-28 Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Walikota Jaya Negara Luncurkan Tiga Inovasi Berbasis Digital

FORUM Keadilan Bali – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara meluncurkan tiga inovasi serangkaian peringatan HUT ke-28 Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar di Plaza Pasar Badung, Senin (1/8).

Ketiga inovasi tersebut yakni 16 Pasar Sehat, Inovatif, Aman Pakai (SIAP) QRIS, Sewaka Mart (Belanja Online) dan Parkir Digital Cashless Payment. Bahkan, Walikota Jaya bersama undangan lain berkesempatan mencoba langsung berbelanja menggunakan QRIS, bertransaksi di Sewaka Mart dan membayar retribusi parkir menggunakan kartu parkir digital Cashless Payment.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudarma, Pimpinan OPD, Direktur Utama Perumda di Kota Denpasar serta pedagang pasar.

Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata mengatakan, Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar merupakan perusahaan daerah yang mengelola 16 unit pasar, unit bina usaha, dan unit parkir. Mengelola unit-unit pasar diharapkan mampu menjaga dan merawat fasilitas bangunan pasar, pedagang dan aktivitas sosial lainnya. Tak hanya itu, mampu berkontribusi memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah ( PAD) Kota Denpasar.

Kompyang Wiranata yang akrab disapa Gus Kowi ini mengungkapkan, usaha Perumda Pasar untuk mendorong pengembangan perekonomian daerah, pertumbuhan ekonomi nasional serta pelayanan pemenuhan kebutuhan hajat hidup masyarakat. Diusia ke-28 tahun ini Perumda Pasar gencar melaksanakan kerjasama dengan berbagai stakeholder. HUT tahun ini mengangkat tema ”Dengan Digitalisasi Pasar Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Daya Saing Pasar Rakyat”. ”Perumda Pasar sudah menjalin kerjasama dengan BPD Bali dari tahun 2018 mempercepat terlaksananya digitalisasi pasar. Seperti pungutan online (E-Retribusi) dilanjutkan program Pasar Siap QRIS, Sewaka Mart (Belanja Online) dan Parkir Digital Cashless Payment. Tak hanya itu, kerjasama juga telah terjalin dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk pelaksanaan jaminan sosial bagi pedagang,” kata Gus Kowi

Baca Juga :   Pemkot Denpasar Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, pasar rakyat merupakan salah satu penggerak penting ekonomi kerakyatan. Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Pemerintah Pusat terus berupaya melakukan pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat. ”Penerapan digitalisasi pasar rakyat merupakan bagian dari adaptasi kehidupan era baru yang kini telah memberikan kemudahan dalam bertransaksi,” kata Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara mengungkapkan, pasar rakyat memiliki potensi mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. ”Atas nama Pemerintah Kota Denpasar kami menyampaikan Dirgahayu Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar. Semoga hari jadi ini menjadi momentum kebangkitan pasar rakyat yang Maju, Inkulsif dan Berdaya Saing menuju Denpasar Maju,” ujar Jaya Negara

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho memberikan apresiasi atas kecepatan Kota Denpasar mewujudkan digitalisasi pasar. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah disertai sinergitas antar lini yang solid. ”Kami mengapresiasi atas kecepatan Kota Denpasar mewujudkan digitalisasi pasar rakyat. Kali ini sudah sukses dimulai di 16 pasar di bawah naungan Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar,” ujar Trisno Nugroho.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan santunan kematian kepada ahli waris pedagang dan penyerahan kartu jaminan sosial. Rangkaian acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah.