Ketua TP PKK Provinsi Bali Bangga Prestasi Finalis Duta GenRe 2022

FORUM Keadilan Bali – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Kostermengakubangga atas raihan prestasi para finalis Duta Generasi Berencana (GenRe). Apapun hasilnya, duta GenRe berhasil menorehkan semangat mewakili generasi muda dalam mempersiapkan diri untuk kehidupan berencana selanjutnya.

Hal tersebut disampaikannya Ny. Putri Koster saat memberikan sambutan dalam acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe Provinsi Bali tahun 2022 di Riverside Convention Hall, Denpasar, Senin (27/6).

Ny. Putri Koster mnejelaskan, Bali berhasil memilih generasi muda penerus, generasi berencana akan menjaga kejayaan Bali dan Indonesia. Belajarlah mulai sekarang dan isi diri terus seperti buah matang pada waktunya. ”Saya harap adik-adik bisa menjadi generasi yang siap menjadi pemimpin masa depan,” ujarnya Ny. Putri Koster kepada para finalis Duta GenRe serta puluhan anak muda yang hadir pada kesempatan tersebut. Dikatakannya, adik-adik duta GenRe sudah berencana masa depan, minimal berencana untuk diri sendiri serta bisa menularkan konsep berencana terhadap orang lain.

Pendamping orang nomor satu di Bali itu berpesan kepada duta GenRe siap berkolaborasi dengan institusi maupun pemerintah mencerdaskan saudara-saudara seusia agar cerdas dan memiliki rencana matang dalam kehidupan berkeluarga ke depan. ”Mari kita berkolaborasi, TP PKK mempunyai visi mewujudkan keluarga yang cerdas, berdaya guna, berakhlak mulia serta berbudi pekerti yang luhur, sehingga kita bisa berkolaborasi. Pemprov Bali dengan visinya Nangun Sat Kerthi Loka Bali, kita wujudkan masyarakat dan keluarga yang cerdas dan berdaya guna,” paparnya.

Kecerdasan anak bangsa, Ny. Putri Koster menekankan, kecerdasan tanpa dilandasi akhlak mulia dan budi pekerti tidak akan bisa dimanfaatkan seluas-luasnya. Kecerdasan harus dibungkus dengan akhlak dan budi pakerti. ”Kehadiran kita lebih tua tetap diperlukan untuk menuntun para anak muda menyebarkan paham tentang keluarga berencana,’’ ucapnya.

Baca Juga :   Pemerintah Kabupaten Badung Komit Wujudkan Utilitas Terpadu

Wanita yang dikenal sebagai seniman serba bisa ini mengajak semua pihak terutama duta GenRe untuk bergandengan tangan. ”Mari kita bersama membangun Bali. Bersama-sama kita wujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, visi yang akan membawa kita ke Bali era baru tanpa meninggalkan adat-istiadatnya,” tandasnya.

Sementara Ketua BKKBN Provinsi Bali dr. Ni Luh Gede Sukardiasih mengatakan  duta GenRe adalah duta Generasi Berencana dibawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). BKKBN sebagai salah satu lembaga pemerintah non kementerian memiliki tugas tentang kependudukan dan menyiapkan keluarga berkualitas mengadakan pemilihan duta GenRe untuk remaja.

Sukardiasih mengungkapkan, pemilihan duta GenRe salah satu menurunkan angka stunting menjadi salah satu program nasional. Stunting pada anak sudah dipengaruhi sejak kedua calon orang tua masih remaja. ”Melalui duta GenRe diharapkan bisa menyebarkan edukasi gaya hidup sehat serta keluarga berencana demi mencetak generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Ke depan menurutnya, BKKBN dan duta GenRe akan berbagi peran dalam menyebarluaskan tentang kesehatan serta keluarga berencana. ”Duta GenRe digawangi anak muda, maka mereka akan mengedukasi ke sekolah-sekolah dan kampus,” ucapnya.

Adapun pada kesempatan itu, duta GenRe 2022 terpilih untuk kategori putra, I Kadek Jayanta dari Kabupaten Buleleng dn Putu Puspa Sadnya Sewi dari Kabupaten Badung.

Selain duta GenRe 2022 terpilih juga duta Intelegensia yaitu kategori putra dinobatkan Arnoldus David Candin dari Kabupaten Badung dan Komang Dilla Firgie Saraswati dari Kabupaten Klungkung. Sementara duta Favorit dimenangkan Made Yoga Arta Permana dari Kabupaten Klungkung dan Ni Ketut Desvitha Sari dari Kabupaten Karangasem.