Klungkung Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Agung 2022

FORUM Keadilan Bali – Polres Klungkung menggelar apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Agung 2022 di Lapangan Mapolres Klungkung dipimpin Kapolres Klungkung, AKBP. I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., Senin (13/6).

Apel gelar Pasukan Operasi Patuh Agung diikuti personel Polres Klungkung dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Klungkung mengambil tema “Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa”.

Kapolres Klungkung AKBP Dhanuardana membacakan amanat dari Kapolda Bali bahwa mendukung tercapainya Kamseltibcarlantas yang aman dan lancar, Polda Bali beserta segenap stakeholder terkait akan menggelar operasi kepolisian kewilyahaan bidang lalu lintas dengan sandi ”Patuh Agung 2022”. Pelaksanaan Operasi Patuh Agung 2022 merupakan salah satu upaya polri meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas yang berlaku.

Kapolres Dhanuardana berharap lewat Operasi Patuh Agung 2022 ini dapat menurunkan angka pelanggaran kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas kecelakaan serta meningkatnya disiplin masyarakat berlalu lintas. ”Operasi  Patuh Agung akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggai 13-26 Juni 2022,’’ katanya.

Menurut Kapolres Dhanuardana, setidaknya ada tujuh prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas yaitu pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara ranmor masih di bawah umur, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi atau pengendara ranmor tidak menggunakan safety belt, pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol. Disusul pengemudi atau pengendara melawan arus dan ketujuh pengemudi atau pengendara melebihi batas kecepatan.

Pelaksanaan Operasi Patuh Agung di Kabupaten Klungkung, lanjut Kapolres, mengedepankan tindakan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik atau teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. ”Melalui upaya tersebut diharapkan tujuan dari operasi ini tercipta kamseltibcarlantas kondusif dan meningkatnya kepatuhan masyarakat akan peraturan lalu lintas dapat tercapai secara optimal,’’ ucapnya.

Baca Juga :   Pemkab Badung Bangun Asrama Griya Adhyaksa Narendra Kejari Badung