Liga 1, Dewa United dan Persita Menang, Persebaya Tumbang

FORUM Keailan Bali – Debut tim pendatang baru, Dewa United berbuah manis setelah mempermalukan tuan rumah Persis Solo 3-2 pada laga pekan pertama Liga 1 Indonesia musim 2022-2023, di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (25/7).

 Pada pertandingan di hari yang sama, Persita Tangerang tampil perkasa setelah menghantam tamunya Persik Kediri dengan skor 2-0 tanpa balas, yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

Pendekar Cisadane, julukan Persita mendapatkan gol cepat pada awal babak pertama lewat Ramiro Fergonzi, dan digenapkan gol M. Wildan Ramdhani pada menit ke-56.

Di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Persikabo 1973 menutup pekan pertama dengan raihan poin penuh setelah menumbangkan tamunya Persebaya Surabaya 1-0. Gol semata wayang buah eksekusi penalti dari striker asing Persikabo Gustavo Tocantins pada menit ke-53 membuat Bajul Ijo harus mengakui keunggulan Laskar Padjadjaran.

Nasib berbeda dialami Persis Solo selaku tuan rumah karena dipermalukan Dewa United. Laskar Sambernyawa, julukan Persis terpaksa bermain bukan di markas mereka karena Stadion Manahan Solo sementara digunakan sebagai arena penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022.

Persis Solo didukung sekitar 5.000 suporter tersebut sebenarnya mendominasi jalannya pertandingan pada laga perdana tim kebanggaan warga Solo ini. Namun anak asuh Jacksen F Tiago itu tertinggal lebih dulu melalui gol sundulan pemain Dewa United Karim Rossi pada menit ke-2.

Laskar Sambernyawa yang berusaha membalas, memiliki beberapa peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun, Persis yang terus menekan pertahanan lawan justru nyaris kebobolan lagi pada menit ke-17. Berkat kesiagaan penjaga gawang Riyadi Dewa United gagal menambah gol.

Pada menit ke-22 Persis berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan strikernya Gerrard Artigas dengan memanfaatkan tendangan sudut. Persis sebenarnya berhasil menambah gol melalui Jaimerson Da Silva pada menit 29. Namun gol tersebut dianulir karena offside. Hingga berakhirnya babak pertama kedudukan tetap 1-1.

Baca Juga :   Thomas Tuchel Optimis Bayern Muenchen Bisa Raih Semua Gelar

Memasuki babak kedua Persis langsung menggempur pertahanan Dewa United dan hampir mencetak gol pada menit ke-46 namun bola membentur mistar gawang Dewa United yang dijaga M. Natshir.

Pada menit ke-65 Persis harus kecolongan lewat gol bunuh diri Aaron Evans. Dua menit berselang Persis kembali menyamakan kedudukan melalui Gavin Kwan.

Kedudukan imbang tidak bertahan lama, Dewa United kembali unggul melalui tendangan keras Natanael Siringo dari luar kotak penalti pada menit ke-71.

Persis yang berusaha menyamakan kedudukan, pada menit-menit akhir sebenarnya memiliki beberapa peluang, namun gagal membuahkan gol dan kedudukan tetap 3-2 untuk Dewa United.

Pelatih Dewa United Nil Maizar usai pertandingan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pemain telah berjuang hingga menit terakhir sehingga bisa memenangi pertandingan. “Mudah-mudahan kondisi pemain sehat walafiat, tidak jumawa, untuk menghadapi pertandingan-pertandingan selanjutnya,” katanya.

Sampai seluruhan laga pekan pertama ini, Madura United memimpin klasemen sementara dengan nilai 3, sama dengan lima tim lainnya yakni Borneo, Persita, PSM Makassar, Dewa United, Bali United dan Persikabo.

Hanya Madura United menang selisih gol sehingga berhak memuncaki klasemen sementara pekan pertama Liga 1. Sebagaimana diketahui, Madura United membuka Liga 1 musim ini dengan kemenangan telak 8-0 atas Barito Putera yang menghuni dasar klasemen.

Jadwal Jumat (29/7/2022):

1. PSM Vs Bali United (Pukul 17.00 Wita)

2. Rans Nusantara Vs PSS (Pukul 21.30 Wita)