Wawali Arya Wibawa Hadiri Rakernas Apeksi XV Tahun 2022

FORUM Keadilan Bali – Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengikuti berbagai agenda serangkaian Rapat Kerja Nasional XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia RAKERNAS XV APEKSI Tahun 2022 di Hotel Truntum, Kota Padang pada Senin (8/8). Tampak mendampingi Asisten Administrasi Pemerintahan, I Made Toya, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Denpasar, I Dewa Made Puspawan serta OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar.

Rakernas XV Apeksi yang mengusung tema “Kota Kita Bangkit, Yang Maju Yang Bersinergi” ini dimulai dengan acara Welcome Dinner sebagai tanda menyambut seluruh Walikota beserta istri di Kota Padang. Dilanjutkan dengan pembukaan Rakernas XV Apeksi yang dibuka oleh Menteri Perdagangan RI, H. Zulkifli Hasan dengan total 9 rangkaian kegiatan utama serta 5 kegiatan pendamping.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Provinsi Sumatra Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya Sugiarto serta Para Walikota seluruh Indonesia dan undangan lainnya.

Seusai pembukaan Rakernas Apeksi, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyampaikan selamat atas terselenggaranya Rakernas XV Apeksi di Kota Padang. “Saya berharap Rakernas XV APEKSI yang mengusung tema, “Kota Kita Bangkit : Yang Maju Yang Bersinergi” dapat berjalan dengan lancar, di samping itu juga nantinya dapat menghasilkan  pemikiran-pemikiran positif untuk bangsa dan negara, termasuk memajukan kota yang tergabung dalam APEKSI,” ujar Wawali Arya Wibawa.

Menteri Perdagangan RI, H. Sulkifli Hasan ketika membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional XV Apeksi Tahun 2022 mengatakan, ada 4 pokok peran Pemerintah Kota dalam upaya meningkatkan kinerja perdagangan di Indonesia. “Beberapa hal yang bisa dilakukan Pemerintah Kota dalam meningkatkan kinerja perdagangan diantaranya dengan menjaga stabilitas harga bahan pokok, optimalisasi transformasi digital, kolaborasi pengawasan dan peningkatan ekspor daerah,” ujar Zulkifli Hasan.

Baca Juga :   Jaga Kebersihan Lingkungan, Kelurahan Panjer Pungut Sampah Dipinggir Jalan

Menteri Perdagangan RI juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota yang sudah bekerja keras dalam menangani masalah perdagangan di indonesia. ” Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh Walikota, melalui Apeksi harus terus membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, semoga Rakernas ini bisa menghadirkan ide, gagasan dan terobosan yang akan berkontribusi terhadap implementasi Indonesia maju berdaulat di masa depan dalam menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok sehingga tetap stabil,” katanya

Sementara Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya Sugiarto menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan yang digelar antara lain Welcome Dinner, Pembukaan Rakernas XV Apeksi, Diskusi Pleno dan Panel,Indonesia City Expo (ICE), Pawai Budaya Nusantara, Penanaman Pohon dan Kebun Apeksi, Peresmian Tugu Apeksi, Seminar Nasional, Bersih – bersih Pantai, Gowes – Sepeda Santai, Marandang dan Teh Talua, Ladies Program, City Tour dan special event : Youth City Changers (YCC).

 “Tujuan kegiatan ini untuk membahas berbagai permasalahn terkait penyelenggaraan pemerintah daerah, menampung serta mengakomodir berbagai usulan anggota untuk selanjutnya disampaikan kepada kementerian terkait dan terus merancang program kerja organisasi untuk memudahkan kapasitas pemerintahan di kota masing-masing,” kata Bima Arya.